NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI GAGASAN BERKARYA KALIGRAFI ARAB

Di dalam kitab suci Al-Quran terdapat banyak ayat yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang mungkin sebagian orang tidak tahu dan tidak memperdulikan hal tersebut. Penulis tertarik mengangkat rumusan masalah mengenai pembuatan kaligrafi Arab yang berlandaskan kepada nilai-nilai pendidikan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Al Kamili, Abdul Arif (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-10-17.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34581/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04386 am a22003133u 4500
001 repoupi_34581
042 |a dc 
100 1 0 |a Al Kamili, Abdul Arif  |e author 
245 0 0 |a NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI GAGASAN BERKARYA KALIGRAFI ARAB 
260 |c 2017-10-17. 
500 |a http://repository.upi.edu/34581/1/S_SRP_1305408_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34581/2/S_SRP_1305408_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34581/3/S_SRP_1305408_Table_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34581/4/S_SRP_1305408_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34581/5/S_SRP_1305408_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34581/6/S_SRP_1305408_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34581/7/S_SRP_1305408_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34581/8/S_SRP_1305408_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34581/9/S_SRP_1305408_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34581/10/S_SRP_1305408_Appendix.pdf 
520 |a Di dalam kitab suci Al-Quran terdapat banyak ayat yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang mungkin sebagian orang tidak tahu dan tidak memperdulikan hal tersebut. Penulis tertarik mengangkat rumusan masalah mengenai pembuatan kaligrafi Arab yang berlandaskan kepada nilai-nilai pendidikan karakter dikarenakan pada zaman sekarang di mana teknologi semakin canggih, seperti komunikasi yang sudah sangat gampang, transportasi yang semakin mudah nilai-nilai pendidikan karakter mulai ditinggalkan, terutama oleh generasi muda. Tujuan utama penulis adalah untuk mengetahui proses pengembangan gagasan nilai-nilai pendidikan karakter ke dalam karya seni kaligrafi Arab dan mendeskripsikan secara visual nilai-nilai pendidikan karakter ke dalam karya seni kaligrafi Arab. Metode penciptaan karya dimulai dari ide, kemudian ide diolah serta direnungkan, lalu setelah mendapat stimulus penulis menuangkannya ke dalam karya. Kelima karya kaligrafi yang diciptakan merupakan karya kaligrafi murni, terdiri dari dua format yaitu Landscape dan Potrait. Kaligrafi yang penulis buat menggunakan lima gaya penulisan yaitu Tsuluts, Kufi, Diwani Jali, Farisi, dan Diwani yang mengacu pada kaidah penulisan kaligrafi yang sudah ada agar terdapat kesesuaian dengan nilai konseptual yang ingin disampaikan. Karya yang diciptakan memiliki konsep dan makna yang berbeda, namun secara keseluruhan karya ini dibuat berdasarkan nilai-nilai pendidikan karakter. Hasil karya kaligrafi arab ini diharapkan dapat dijadikan referensi untuk membuat karya-karya baru yang lebih baik dikemudian hari.----------In the scriptures of the Quran there are many verse containing the values of character education that may be most people do not know and ignore it. Authors interested lift the formula problem concerning the making of arabic calligraphy based on to the values of character education due today where technology is increasingly sophisticated, as the communication has been very easy, easier transportation, values character education began to be abandoned, especially by the younger generation. The author's main goal is to find out the proccess the development of idea of values education into works of art of arabic calligraphy and describe visually values character education into works of art of arabic calligraphy. The method of creation of the work starts from an idea, then the idea of processed as well as contemplated, then after receiving the stimulus the author poured it into the paper. The fifth work of calligraphy created a work of pure calligraphy, consists of two formats landscape and potrait. Calligraphy writers make use of five style Tsuluts, Kufi, Diwani Jali, Farisi, and Diwani referring to the rules of writing caalligraphy existing so that there is compliance with the conceptual values who want delivered. Works created to have different meanings and concepts, but overall the works is made based on the values of character education. The work of arabis calligraphy is expected to be used as reference to create new work better in the future. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a NX Arts in general 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/34581/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/34581/