PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL REALITY DAN KONVENSIONAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERENCANAAN & INSTALASI ANTENA SISTEM PEMANCAR & PENERIMA DI SMKN 1 CIMAHI

Dalam penelitian ini digunakan media pembelajaran berbasis virtual reality iTena dalam ranah pendidikan. iTena merupakan sebuah aplikasi virtual reality berbasis mobile android yang dibuat dan dikembangkan oleh peneliti melalui software unity 5.3.3. Penelitian ini dilakukan terhadap kelas XII Teknik...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Fathurrohim, Muhammad Faishal (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-01-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3459/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03403 am a22003133u 4500
001 repoupi_34590
042 |a dc 
100 1 0 |a Fathurrohim, Muhammad Faishal  |e author 
245 0 0 |a PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL REALITY DAN KONVENSIONAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERENCANAAN & INSTALASI ANTENA SISTEM PEMANCAR & PENERIMA DI SMKN 1 CIMAHI 
260 |c 2018-01-25. 
500 |a http://repository.upi.edu/34590/1/S_TE_1203565_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34590/2/S_TE_1203565_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34590/3/S_TE_1203565_Table_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34590/4/S_TE_1203565_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34590/5/S_TE_1203565_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34590/6/S_TE_1203565_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34590/7/S_TE_1203565_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34590/8/S_TE_1203565_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34590/9/S_TE_1203565_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34590/10/S_TE_1203565_Appendix.pdf 
520 |a Dalam penelitian ini digunakan media pembelajaran berbasis virtual reality iTena dalam ranah pendidikan. iTena merupakan sebuah aplikasi virtual reality berbasis mobile android yang dibuat dan dikembangkan oleh peneliti melalui software unity 5.3.3. Penelitian ini dilakukan terhadap kelas XII Teknik Transmisi Telekomunikasi pada mata pelajaran Perencanaan & Instalasi Antena Sistem Pemancar & Penerima di SMKN 1 Cimahi. Peneliti ingin meneliti sejauh mana pengaruh aplikasi VR itena terhadap peningkatan hasil belajar siswa jika dibandingkan dengan kelas konvensional. Peneliti juga ingin mengetahui bagaimana respon siswa terhadap aplikasi tersebut. Dari hasil penelitian ditemukan beberapa data diantaranya terjadi peningkatan hasil belajar (gain) siswa pada kelas VR sebesar 44% dan kelas konvensional sebesar 55%. Adapun hasil dari respon siswa terhadap aplikasi tersebut menunjukan adanya respon positif dengan ratarata Sangat Setuju (SS) dan Setuju (S) sebesar 96,47%.---------In this research, used iTena as a virtual reality-based learning media in the realm of education. iTena is a mobile android based virtual reality application that was created and developed by researchers through unity 5.3.3. This research was conducted to class XII Telecommunication Transmission Engineering on the subject of Planning & Installation of Antenna Transmitter & Receiver System at SMKN 1 Cimahi. It is intended to know how far the VR iTena apps improving student learning outcomes when compared to conventional classes. It also intended to know how students respond to this VR application. From this research, researcher results found some data. There is increased student learning outcomes in the VR class by 44% and the conventional class by 55%. The result of the student response to the application showed a positive response with average - Strongly Agree (SA) and Agree (A) of 96.47%. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/34590/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3459/