Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Perjuangan Para Tokoh Kemerdekaan Indonesia

Mengacu dalam peneliti ini yakni cara penyampaian guru yang selalu terjadi dalam proses pembelajaran berupa ceramah, dimana lebih dominan kepada guru yang aktif dibandingkan siswa itu sendiri, guru hanya memberikan suatu pembelajaran kepada siswa tersebut dengan tidak melibatkan siswa secara aktif....

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: nurfajriah, dina (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34637/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Mengacu dalam peneliti ini yakni cara penyampaian guru yang selalu terjadi dalam proses pembelajaran berupa ceramah, dimana lebih dominan kepada guru yang aktif dibandingkan siswa itu sendiri, guru hanya memberikan suatu pembelajaran kepada siswa tersebut dengan tidak melibatkan siswa secara aktif. Guru terus-menerus memberikan asupan pembelajaran namun tidak memberikan kesempatan siswa untuk ikut terlibat dalam proses pembelajaran tersebut. Rumusan peneliti ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran, meningkatan kekatifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi perjuangan para tokoh kemerdekaan indonesia di kelas V SDN Kadubeureum 1 dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan model role playing?. Tujuannya Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran,untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi perjuangan para tokoh kemerdekaan indonesia di kelas V SDN Kadubeureum 1 dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan model role playing. Metode yang digunakan mengacu kepada kemmis-taggart dengan 4 tahapan yang dilalui (perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi). Penelitian ini terdiri dari Pra siklus, siklus I,II dan III. Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa penerapan model Role Playing dapat meninkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan di perkuat dari hasil observasi keaktifan belajar siswa dari siklus sebesar 67,2%, siklus II 77,08%, dan siklus III 82,81. Melainkan rata-rata yang tercapai pada hasil belajar siswa siklus I yakni 68.33, siklus II 77,29, dan siklus II sebesar 82.92. Dari data yang di dapato ditarik kesimpulan dengan menggunakan Role Playing pada materi perjuangan para tokoh kemerdekan indonesia dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Suatu titik terang bagi guru untuk dapat menggunakan model Role Playing agar siswa terlibat aktif pada KBM guna meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Item Description:http://repository.upi.edu/34637/1/S_KDSERANG_1305290_Title.pdf
http://repository.upi.edu/34637/2/S_KDSERANG_1305290_Abstrak.pdf
http://repository.upi.edu/34637/3/S_KDSERANG_1305290_Table_Of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/34637/4/S_KD_SERANG_1305290_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/34637/5/S_KD_SERANG_1305290_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/34637/6/S_KD_SERANG_1305290_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/34637/7/S_KD_SERANG_1305290_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/34637/8/S_KD_SERANG_1305290_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/34637/9/S_KD_SERANG_1305290_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/34637/10/S_KD_SERANG_1305290_Appendix.pdf