PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MITIGASI BENCANA ALAM DI SMA CIGALONTANG KABUPATEN TASIKMALAYA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk perangkat pembelajaran geografi dengan pendekatan saintifik pada materi mitigasi bencana alam yang dibutuhkan untuk peserta didik SMA di Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya dan mengetahui efektivitas dari perangkat pembelajaran geografi berbas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Evi Hanafi, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-01-03.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34639/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05852 am a22003133u 4500
001 repoupi_34639
042 |a dc 
100 1 0 |a Evi Hanafi, -  |e author 
245 0 0 |a PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MITIGASI BENCANA ALAM DI SMA CIGALONTANG KABUPATEN TASIKMALAYA 
260 |c 2018-01-03. 
500 |a http://repository.upi.edu/34639/1/T_GEO_1402360_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34639/2/T_GEO_1402360_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34639/3/T_GEO_1402360_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34639/4/T_GEO_1402360_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34639/5/T_GEO_1402360_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34639/6/T_GEO_1402360_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34639/7/T_GEO_1402360_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34639/8/T_GEO_1402360_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34639/9/T_GEO_1402360_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34639/10/T_GEO_1402360_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk perangkat pembelajaran geografi dengan pendekatan saintifik pada materi mitigasi bencana alam yang dibutuhkan untuk peserta didik SMA di Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya dan mengetahui efektivitas dari perangkat pembelajaran geografi berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan dalam meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana alam peserta didik SMA di Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), dengan memodifikasi model 4-D menjadi 3-D yaitu Define, Design, dan Develop. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi bahan ajar, RPP, media pembelajaran dan alat evaluasi yang divalidasi oleh dua dosen pembimbing dan satu guru geografi. Perangkat pembelajaran diuji coba lapangan pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN I Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. Kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan prosentase sedangkan keefektifan perangkat pembelajaran dalam meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana alam peserta didik didasarkan pada uji independent sample t test serta gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perangkat pembelajaran yang berhasil dikembangkan layak digunakan dengan masing - masing nilai validasi 79.49% untuk, RPP, 80,30% untuk Bahan Ajar , 77.08% untuk media power point, dan 79,82% untuk alat evaluasi berupa tes pilihan ganda. 2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan signifikan meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana alam peserta didik pada kelas eksperimen yang dengan p = 0,007. Sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan perangkat pembelajaran konvensional terjadi sebaliknya yaitu tidak menunjukan adanya pengaruh terhadap pengetahuan mitigasi bencana alam peserta didik yang ditunjukan dengan nilai p = 0,158. Nilai N-gain pada dua kelas menunjukan kategori rendah namun meskipun demikian nilai rata - rata N-gain kelas eksperimen lebih besar dari pada rata - rata nilai N-gain kelas kontrol yaitu 0,11 . sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata 0,8. Hasil ini menunjukan jika perangkat pembelajaran geografi berbasis saintifik efektif untuk meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana alam peserta didik di SMA Cigalontang.---- The aim of this research is to develop geography learning media scientific based to increase natural disaster mitigation knowledge in Cigalontang Senior High School,Tasikmalaya Regency according to geography study factual condition and need analysis of learning media on the research subject. This research is "Research and Development" that modify 4-D model to 3-D model,"Define", "Design", and "Develop". The learning media that has been developed are teaching material,lesson plan, teaching media and evaluation tools validated by two lecturer of thesis advisors and one geography teacher. The learning media has been examined on students of XI grade of social study class 2,Cigalontang Senior High School,Tasikmalaya Regency.The data of students knowledge level analyzed by frequency method and teaching media in increasing natural disaster mitigation knowledge effectiveness of students is based on "gain score" category.The result of this reasearch shows that:1.the factual condition of geography study in Cigalontang Senior High School is still conventional that general learning process is teacher centred. 2. The learning media that has been successfully developed based on the appropriate need analysis that used with each validation score of 79,80% for teaching material, 77,47% for lesson plan, 79,68% for Power point media and 80,92 % for multiple choice evaluation. 3. the learning media that has been developed significantly increase students natural disaster mitigation knowledge in experimental class with the score of p=0,007.However in control class that used conventional learning media is in another way round that it doesn't show any effect on the students natural disaster mitigation knowledge which showed by the score of p=0,158. The score of N-gain of the two classes shows low category therefore the average score of N-gain experiment class is bigger than the average of N-gain score in control class which is 0,11 whereas the average of class control is 0,8. The result shows that the learning media of scientific based geography study is effective to increase natural disaster mitigation of Cigalontang Senior High School Students. 
546 |a en 
690 |a G Geography (General) 
690 |a GR Folklore 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/34639/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/34639/