PENGGUNAAN MEDIA KARTU PINTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL GAMBAR ILUSTRASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI UMBUL TENGAH 1

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil gambar ilustrasi serta memperbaiki cara proses belajarnya pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) dengan menggunakan media kartu pintar di kelas V Sekolah Dasar Negeri Umbul Tengah 1. Jenis penelitiannya menggunakan penelitian tindakan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Aulia, Dwi Mifta Amal (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3464/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil gambar ilustrasi serta memperbaiki cara proses belajarnya pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) dengan menggunakan media kartu pintar di kelas V Sekolah Dasar Negeri Umbul Tengah 1. Jenis penelitiannya menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini mempunyai tiga siklus untuk mencapai target peneliti. Dimana setiap siklus memiliki tahapan, meliputi: rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 32 orang. Adapun intrumen yang diterapkan yaitu lembar observasi dan lembar penilaian produk. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa penggunaan kartu pintar dapat meningkatkan hasil gambar ilustrasi pada mata pelajaran SBK. Hal tersebut terlihat pada peningkatan hasil aktivitas guru dan siswa pada proses menggambar serta terlihatnya hasil gambar ilustrasi yang sesuai dengan kaidah. Peneliti terlebih dahulu mengadakan pra-siklus dan diperoleh hasil nilai awal sebagai acuan pertama. Kemudian tahapannya dilanjut pada siklus I dan siklus II dengan perolehan nilai yang meningkat bisa dikatakan berhasil. Namun hasil nilai belum sesuai dengan target peneliti, maka dari itu dilanjutkan dengan siklus III. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase peningkatan aktivitas mengajar guru sebagai berikut: pada siklus I adalah 70%, siklus II adalah 80%, dan siklus III adalah 100%. Dari hasil persentase tersebut disimpulkan peningkatan aktivitas mengajar guru dari siklus I ke siklus III sebanyak 30%. Sedangkan pada peningkatan aktivitas siswa sebagai berikut: pada siklus I adalah 51,25%, siklus II adalah 56,25%, dan siklus III adalah 71,5%. Hal ini menunjukan selalu ada peningkatan pada setiap siklusnya, yakni terlihat dari siklus I ke siklus III naik sebanyak 20,25%. Rekomendasi penelitian ditujukan bagi guru dan peneliti selanjutnya yang hendaknya guru bisa kreatif sehingga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Dan untuk peneliti selanjutnya, diharapkan bisa melanjutkan penelitian ini, karena masih perlu kajian lebih lanjut terutama pada bagian landasan teori untuk rentang persentase skor dan hasil nilai. Diharapkan untuk peneliti selanjutnya bisa memperkuat dan melengkapi kekurangannya.
Item Description:http://repository.upi.edu/34640/1/S_KDSERANG_1304673_Title.pdf
http://repository.upi.edu/34640/2/S_KDSERANG_1304673_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/34640/3/S_KDSERANG_1304673_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/34640/4/S_KDSERANG_1304673_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/34640/5/S_KDSERANG_1304673_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/34640/6/S_KDSERANG_1304673_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/34640/7/S_KDSERANG_1304673_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/34640/8/S_KDSERANG_1304673_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/34640/9/S_KDSERANG_1304673_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/34640/10/S_KDSERANG_1304673_Appendix.pdf