PENGARUH PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA SUNDA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR MATEMATIK SISWA SEKOLAH DASAR

Matematika merupakan ilmu yang membantu di setiap lini hidup mnusia. Karena semua aktivitas selalu dikaitkan dengan matematika. Belajar matematika dari konsep dasar merupakan langkah yang tepat untuk memahami matematika.Peran guru adalah mengonsep pembelajaran matematika agar menyenangkan, memudahka...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ayu, reni retna (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34662/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03745 am a22002893u 4500
001 repoupi_34662
042 |a dc 
100 1 0 |a ayu, reni retna  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA SUNDA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR MATEMATIK SISWA SEKOLAH DASAR 
260 |c 2017-06-19. 
500 |a http://repository.upi.edu/34662/1/%28a%29%20S_KDSERANG_1305001_Tittle.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34662/2/%28b%29%20S_KDSERANG_1305001_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34662/3/%28c%29%20S_KDSERANG_1305001_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34662/4/%28d%29%20S_KDSERANG_1305001_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34662/5/%28e%29%20S_KDSERANG_1305001_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34662/6/%28f%29%20S_KDSERANG_1305001_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34662/7/%28g%29%20S_KDSERANG_1305001_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34662/8/%28h%29%20S_KDSERANG_1305001_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34662/9/%28i%29%20S_KDSERANG_1305001_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34662/10/%28j%29%20S_KDSERANG_1305001_Appendix.pdf 
520 |a Matematika merupakan ilmu yang membantu di setiap lini hidup mnusia. Karena semua aktivitas selalu dikaitkan dengan matematika. Belajar matematika dari konsep dasar merupakan langkah yang tepat untuk memahami matematika.Peran guru adalah mengonsep pembelajaran matematika agar menyenangkan, memudahkan dan indikator yang diharapkan bisa tercapai.Hal penting dalam pelajaran matematika adalah mengembangkan kemampuan berpikir aljabar matematik siswa. kemampuan berpikir aljabar matematik merupakan kemampuan berpikir yang mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, keterampilan penalaran dan keterampilan refresentatif. Hasil observasi yang dilakukan disalah satu sekolah di kecamatan Taktakan menunjukan bahwa kemampuan berpikir aljabar matematik siswa masih kurang. Hal ini dilihat dari cara anak dalam menyelesaikan soal matematika.Berdasarkan hasil observasi tersebut, diperlukan model pembelajaran yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir aljabar matematik sisiwa. Salah satu pembelajaran yang bisa mengaitkan antara pelajaran matematika dan kehidupan sehari-hari siswa adalah etnomatematika.Pembelajaran etnomatematika Sunda merupakan pembelajaran yang menghubungkan antara materi matematika dengan situasi nyata yang dialami oleh siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan bentuk nonequivalent control group disign. Pengumpulan data menggunakan teknikpretest, posttest, skala sikap, wawancara, observasi dan jurnal harian siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran etnomatematika Sunda dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional.Dari hasil Treatment yang dilakukan menunjukan bahwa hasil uji t menghasilkan signifikansi 0,73 dimana nilai tersebut lebih dari 0,05 artinya terdapat perbedaan rata-rata sehingga H0 diterima. selain itu, rata-rata kelas eksperimen sebesar 10,44 yang sebelumnya sebesar 8,5. Sedangkan kelas kontrol sebesar 8,94 yang sebelumnya sebesar 8,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran etnomatematika Sunda dapat meningkatkan kemampuan berpikir aljabar matematik siswa, dengan demikian peneliti menyarankan untuk menggunakan pembelajaran etnomatematika Sunda dalam pembelajaran matematika. 
546 |a en 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/34662/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/34662/