PENERAPAN METODE DRILL PADA MATERI MENYANYIKAN LAGU BERBIRAMA 4 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN TAMAN BARU 2

Hasil pembelajaran yang masih rendah di kelas V SDN Taman Baru 2 khususnya dalam pembelajaran SBK pada materi menyanyikan lagu berbirama 4. Dalam proses pembelajaran di kelas, siswa tidak terlihat aktif terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang disebabkan oleh guru masih menggunakan metode pem...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ulum, Saeful (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34667/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Hasil pembelajaran yang masih rendah di kelas V SDN Taman Baru 2 khususnya dalam pembelajaran SBK pada materi menyanyikan lagu berbirama 4. Dalam proses pembelajaran di kelas, siswa tidak terlihat aktif terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang disebabkan oleh guru masih menggunakan metode pembelajaran ceramah. Dalam hal ini didapatkan judul penelitian yang akan diteliti ini. Dengan rumusan masalah sebagai berikut : 1) Bagaimana penerapan metode drill pada materi menyanyikan lagu berbirama 4 untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN Taman Baru 2? 2) Bagaimana hasil belajar siswa dalam menyanyikan lagu berbirama 4 di kelas V SDN Taman Baru 2?. Dengan adanya rumusan masalah tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menyanyikan lagu berbirama 4 dalam pembelajaran SBK serta untuk meningkatkan kualitas guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang aktif. Tinjauan dari teori birama ini menyatakan bahwa adanya peningkatan serta perbaikan hasil belajar siswa kelas V SDN Taman Baru 2 jika digunakan dalam pembelajaran SBK. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Berdasarkan hasil belajar pada penelitian ini selalu mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari hasil siklus I dengan nilai rata-rata 53,31 siklus II 69,85 dan siklus III 90,46. Dengan demikian penerapan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik.
Item Description:http://repository.upi.edu/34667/1/S_KDSERANG_1306307_Tittle.pdf
http://repository.upi.edu/34667/2/S_KDSERANG_1306307_Abstrak.pdf
http://repository.upi.edu/34667/3/S_KDSERANG_1306307_Daftar%20Isi.pdf
http://repository.upi.edu/34667/4/S_KDSERANG_1306307_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/34667/5/S_KDSERANG_1306307_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/34667/6/S_KDSERANG_1306307_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/34667/7/S_KDSERANG_1306307_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/34667/8/S_KDSERANG_1306307_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/34667/9/S_KDSERANG_1306307_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/34667/10/S_KDSERANG_1306307_Lampiran.pdf