PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIKOMBINASIKAN DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI GAYA MAGNET DI KELAS V SDN CIGABUS KECAMATAN TAKTAKAN KOTA SERANG

Kenyataan akan permasalahan rendahnya hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran IPA, materi gaya magnet masih saja sering muncul; kenyataan ini ditemukan juga di SDN Cigabus Kecamatan Taktakan Kota Serang. Kenyataan inilah yang melatarbelakangi peneliti tertarik mel...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: bait, elmi hanjar (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34681/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Kenyataan akan permasalahan rendahnya hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran IPA, materi gaya magnet masih saja sering muncul; kenyataan ini ditemukan juga di SDN Cigabus Kecamatan Taktakan Kota Serang. Kenyataan inilah yang melatarbelakangi peneliti tertarik melakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk; membantu guru dalam meramu pembelajaran agar terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada materi gaya magnet di kelas V SDN Cigabus Kecamatan Taktakan Kota Serang melalui pengembangan model Problem Based Learning (PBL) dikombinasikan dengan Numbered Heads Together (NHT). Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menerapkan metode peneltian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis & McTaggart. Sebagai subyek yang diteliti adalah siswa kelas Vb yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Data yang didapatkan dalam penelitian ini berupa data aktivitas guru, aktivitas siswa, dan data hasil belajar siswa. Masing-masing data diperoleh menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis dengan analisis deskriptif, tabulasi frekuensi dan persentase. Dari penelitian ditemukan bahwa; adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi gaya magnet di kelas V SDN Cigabus Kecamatan Taktakan Kota Serang dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Heads Together (NHT). Dengan dipicu oleh adanya aktifitas guru dan siswa yang sangat baik di dalam pembelajaran berdampak pada hasil belajar yang meningkat. Presentase hasil belajar prasiklus mencapai 40% siswa yang tuntas. Pada siklus I, presentase ketuntasan mencapai 68%; subyek memperoleh nilai rata-rata sebesar 72 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 80, dengan presentase ketuntasan mencapai 88% .
Item Description:http://repository.upi.edu/34681/1/S_KD%20SERANG_1305208_Title.pdf
http://repository.upi.edu/34681/2/S_KD%20SERANG_1305208_Abstrack.pdf
http://repository.upi.edu/34681/3/S_KD%20SERANG_1305208_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/34681/4/S_KD%20SERANG_1305208_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/34681/5/S_KD%20SERANG_1305208_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/34681/6/S_KD%20SERANG_1305208_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/34681/7/S_KD%20SERANG_1305208_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/34681/8/S_KD%20SERANG_1305208_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/34681/9/S_KD%20SERANG_1305208_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/34681/10/S_KD%20SERANG_1305208_Appendix.pdf