PERBANDINGAN SIKAP EMPATI PADA REMAJA BERDASARKAN URUTAN KELAHIRAN : Studi Komparatif terhadap Siswa SMP Muhammadiyah 1 Majalaya Tahun Ajaran 2016/2017

Empati merupakan suatu kemampuan yang dimiliki individu sebagai suatu potensi yang dapat dikembangkan guna memahami perasaan dan pemikiran individu lain, sehingga menghasilkan hubungan yang harmonis antar individu. Penelitian dilatarbelakangi oleh asumsi yang menyatakan sikap empati pada remaja dapa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Dika Rizalul Haq, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-04-17.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34696/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Empati merupakan suatu kemampuan yang dimiliki individu sebagai suatu potensi yang dapat dikembangkan guna memahami perasaan dan pemikiran individu lain, sehingga menghasilkan hubungan yang harmonis antar individu. Penelitian dilatarbelakangi oleh asumsi yang menyatakan sikap empati pada remaja dapat muncul dalam bentuk yang berbeda dilihat dari urutan kelahiran individu, karena adanya hasil interaksi yang berbeda di lingkungan keluarga. Tujuan penelitian yakni untuk mendeskripsikan gambaran umum sikap empati dilihat berdasarkan urutan kelahiran, mendeskripsikan kecenderungan aspek empati dilihat berdasarkan urutan kelahiran, dan membandingkan perbedaan sikap empati dilihat berdasarkan urutan kelahiran Siswa SMP Muhammadiyah 1 Majalaya tahun ajaran 2016/2017 dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, metode deskripsi dan desain statistik perbandingan (komparasi) terhadap 183 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan angkt sesuai dengan aspek dari sikap empati yang disebut dengan intespersonal reactivity indeks (IRI). Temuan penelitian menunjukan (1) setiap kelompok urutan kelahiran menunjukan kecenderungan sikap empati pada kategori sedang; (2) kecenderungan aspek empati memiliki dua aspek dominan dan satu aspek yang tidak muncul sebagai aspek dominan; dan (3) terdapat perbedaan sikap empati yang signifikan dilihat berdasarkan urutan kelahiran antara anak tunggal dengan anak sulung dan anak tunggal dengan anak bungsu. Hasil penelitian dapat dijadikan sebagai landasan dalam pengembangan layanan bimbingan pribadi dan sosial untuk mengembangkan sikap empati. ---- Empathy is an individual ability as a potential which can be developed to understand the other individuals feeling and thinking as a result of harmonious relationship. The background research is assumed by the statement that the empathy characteristics in adolescence can be appeared in different shape according to the birth order, as a different interaction result in family environment. The purposes of research is to describe the general description of the empathy characteristics according to the birth order, to describe the empathy disposing aspect according to the birth order, and to compare the differences of the empathy characteristics according to the birth order of the students of SMP Muhammadiyah 1 Majalaya year 2016/2017 used the quantitative approaches, descriptive metode and comparative statistic design to the 183 students. Data collection technique used questionnaire which is appropriated with the aspect of empathy characteristics which are called by interpersonal reactivity indeks. The research findings showed. Firstly, the empathy disposing characteristics according to the birth order rated in a middle categorize; secondly, the empathy disposing characteristics had two dominant aspects and a weak aspect; the last, there is significant differences of the empathy characteristics according to the birth order, between the only child with the first child and the only child with the last child, the research result can be used as a basic to develop in indvidual and social guidance services for improving empathy characteristics.
Item Description:http://repository.upi.edu/34696/1/S_PPB_1304361_Title.pdf
http://repository.upi.edu/34696/2/S_PPB_1304361_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/34696/3/S_PPB_1304361_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/34696/4/S_PPB_1304361_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/34696/5/S_PPB_1304361_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/34696/6/S_PPB_1304361_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/34696/7/S_PPB_1304361_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/34696/8/S_PPB_1304361_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/34696/9/S_PPB_1304361_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/34696/10/S_PPB_1304361_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/34696/11/S_PPB_1304361_Appenddix2.pdf