RELEVANSI LULUSAN SMK KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DENGAN KEBUTUHAN INDUSTRI PENYELENGGARA JASA INTERNET

Lulusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) diharapkan mampu mengisi lowongan pekerjaan bidang IT, salah satunya industri penyelenggara jasa internet (ISP). Agar relevan SMK harus menyiapkan lulusan yang mengacu kepada standar dan kebutuhan dari industri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Yudi Setiawan, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-04-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3477/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02736 am a22002773u 4500
001 repoupi_34707
042 |a dc 
100 1 0 |a Yudi Setiawan, -  |e author 
245 0 0 |a RELEVANSI LULUSAN SMK KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DENGAN KEBUTUHAN INDUSTRI PENYELENGGARA JASA INTERNET 
260 |c 2019-04-24. 
500 |a http://repository.upi.edu/34707/1/T_PTK_1708025_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34707/2/T_PTK_1708025_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34707/3/T_PTK_1708025_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34707/4/T_PTK_1708025_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34707/5/T_PTK_1708025_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34707/6/T_PTK_1708025_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34707/7/T_PTK_1708025_Appendix.pdf 
520 |a Lulusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) diharapkan mampu mengisi lowongan pekerjaan bidang IT, salah satunya industri penyelenggara jasa internet (ISP). Agar relevan SMK harus menyiapkan lulusan yang mengacu kepada standar dan kebutuhan dari industri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kompetensi yang dibutuhkan oleh industri ISP; (2) Mengetahui relevansi lulusan SMK jurusan TKJ yang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) program produktif dengan kebutuhan industri penyelenggara jasa internet; (3) Mengetahui relevansi lulusan SMK jurusan TKJ yang menggunakan struktur kurikulum K13 (C3) dengan kebutuhan ISP. Standar pembanding yang digunakan adalah KKNI level II TKJ. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan informan dari ISP dan SMK. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Kebutuhan kompetensi lulusan di ISP, untuk lulusan SMK jurusan TKJ yang belum memiliki pengalaman kerja, lulusan harus memiliki kompetensi teknis Untuk kompetensi teknis lulusan harus minimal mampu merakit, installasi dan implementasi jaringan lokal, termasuk didalamnya kemampuan pengalamatan IP, perancangan topologi dan konfigurasi perangkat sedangkan kompetensi nonteknis 1) Kemampuan berkomunikasi 2) Kemampuan kerjasama tim 3) Bekerja tanpa pengawasan 4) Kreatifitas. Sertifikasi jaringan menjadi nilai tambah bagi lulusan. Relevansi kurikulum TKJ dari hasil pemetaan kurikulum dan KKNI level II TKJ, untuk KTSP 2006 sudah cukup relevan sebesar 49% Sedangkan untuk kurikulum 2013 sebelum revisi kurang relevan sebesar 27%. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a T Technology (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/34707/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3477/