PEMANFAATAN WAYANG GOLEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA DALAM MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK CERITA

Keterampilan menyimak, merupakan keterampilan perdana yang perlu dikuasai oleh siswa. Sesuai dengan observasi yang telah dilakukan pada kelas V SDN Rahayu, dalam menyimak sebuah cerita masih ada siswa yang tidak fokus dalam menyimak dikarenakan cara penyampaian cerita yang sangat membosankan. Maka d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ariyani, Indri Dwi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34769/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03124 am a22002893u 4500
001 repoupi_34769
042 |a dc 
100 1 0 |a Ariyani, Indri Dwi  |e author 
245 0 0 |a PEMANFAATAN WAYANG GOLEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA DALAM MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK CERITA 
260 |c 2017-06-19. 
500 |a http://repository.upi.edu/34769/1/S_KDSERANG_1306598_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34769/2/S_KDSERANG_1306598_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34769/3/S_KDSERANG_1306598_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34769/4/S_KDSERANG_1306598_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34769/5/S_KDSERANG_1306598_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34769/6/S_KDSERANG_1306598_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34769/7/S_KDSERANG_1306598_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34769/8/S_KDSERANG_1306598_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34769/9/S_KDSERANG_1306598_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34769/10/S_KDSERANG_1306598_Appendix.pdf 
520 |a Keterampilan menyimak, merupakan keterampilan perdana yang perlu dikuasai oleh siswa. Sesuai dengan observasi yang telah dilakukan pada kelas V SDN Rahayu, dalam menyimak sebuah cerita masih ada siswa yang tidak fokus dalam menyimak dikarenakan cara penyampaian cerita yang sangat membosankan. Maka dari itu dalam penelitian ini ingin memberikan pembelajaran yang nyata pada siswa dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa yaitu dengan pembelajaran etnobahasa wayang golek. Peneliti memakai metode eksperimental dengan tipe dua kelompok yang menjadi subjek peneliti-an. Ada 2 subjek yang dipakai, yakni kelas VA (eksperimental) VB (kontrol). Pasca dilaksanakannya analisis diketahui nilai rata-rata tes awal VA (kelas) 56,83 dan VB (kelas) memperoleh nilai sejumlah 52,67. Diketahui bahwa antara mean (nilai rata-rata) pretest VA tak berbeda jauh jika dibandingkan dengan mean (nilai rata-rata) VB. Setelah dilakukan tes awal, kemudian dilakukannya tindakan yaitu pada VA (kelas eksperimen) diberikan pembelajaran etnobahasa wayang golek dan VB (kelas kontrol) yang menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah diberikannya tindakan, kedua kelas tersebut kemudian diberikan tes akhir (posttest) agar diketahuinya pengetahuan akhir siswa. Berdasarkan analisis data hasil , hasil posttest kelompok E bernilai (rata-rata) 83,00 dan hasil posttest pada kelompok K bernilai (rata-rata) 64,33. Jika dilihat pada hasil pengolahan data posttest, diketahui bahwasanya nilai rerata keterampilan menyimak antar kedua kelompok lebih baik (meningkat). Searus dengan itu, dipahami bahwa nilai kelompok E lebih unggul dibanding kelompok K. Dengan demikian, pembelajaran etnobahasa wayang golek dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa dalam menentukan unsur intrinsik sebuah cerita. 
546 |a en 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/34769/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/34769/