KONTRIBUSI INTENSITAS KOMUNIKASI DALAM KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR : Studi Deskriptif terhadap Siswa Atlet PPLP Jawa Barat Tahun Ajaran 2017/2018

Belajar merupakan aktivitas yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Keberhasilan didalam belajar diperngaaruhi beberapa faktor. Motivasi belajar yang menjadi salah satu faktor, mendorong siswa untuk terlibat dalam kegiatan belajar sehingga dapat mencapai keberhasilan belajar yang tinggi. Tumbuh...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Restiana Nurfaridah, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-04-17.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3477/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Belajar merupakan aktivitas yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Keberhasilan didalam belajar diperngaaruhi beberapa faktor. Motivasi belajar yang menjadi salah satu faktor, mendorong siswa untuk terlibat dalam kegiatan belajar sehingga dapat mencapai keberhasilan belajar yang tinggi. Tumbuhnya motivasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya intensitas komunikasi dalam keluarga siswa. Penelitian dilakukan kepada siswa atlet PPLP Jawa Barat yang saat ini tinggal di asrama olahraga. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui kontribusi yang diberikan oleh intensitas komunikasi dalam keluarga terhadap motivasi belajar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel yang digunakan sebanyak 77 siswa atlet. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan angket intensintas komunikasi dalam keluarga dengan derajat reliabilitas masing-masing sebesar 0,888 dan 0,995. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum motivasi belajar dan intensitas komunikasi dalam keluarga berada pada kategori sedang, sedangkan kontribusi yang diberikan oleh intensitas komunikasi dalam keluarga terhadap motivasi belajar yakni sebesar 0,46% dan termasuk pada kategori sangat rendah. Rekomendasi layanan bimbingan dan konseling yang diberikan dalam penelitian ini berupa layanan dasar pada bidang layanan sosial dengan menggunakan strategi bimbingan kelompok dan metode diskusi kelompok. Penelitian ini menjadi rekomendasi bagi guru beberapa pihak yaitu, sekolah, Guru Bimbingan Konseling, Pembina PPLP Jawa Barat, dan peneliti selanjutnya. ---- Learning is very important activities in human life. Succes in leraning is influenced by several factors. Learning motivation to be one factor, encourages students to get involved in the learning activities, so as to achieve a high learning success. Learning motivation growing by several factors, one of which the intensity of communication in the student's family. The research was conducted to student athlete of PPLP West Java who currently live in boarding sport. The purpose of the research to find out the contribution of intensity of communication in the family on learning motivation. The research uses a quantitative approach with descriptive methods. The sample used a total of 77 student athletes. The technique of collecting data using questionnaires learning motivation and questionnaire intensity of communication in family with each degree reliability 0,888 and 0,995 . The results showed that in general level of learning motivation and intensity of communication in family in medium category. Contributions made by the intensity of family communication on learning motivation which amounted to 0.46% and categorized as very low. Recommendation of guindance and counseling provided in this research are basic service in the field of social service, using group guidance and for the method is group discussion. This research into recommendations for teachers Counseling, coach PPLP West Java, and further research.
Item Description:http://repository.upi.edu/34770/1/S_PPB_1306069_Title.pdf
http://repository.upi.edu/34770/2/S_PPB_1306069_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/34770/3/S_PPB_1306069_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/34770/4/S_PPB_1306069_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/34770/5/S_PPB_1306069_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/34770/6/S_PPB_1306069_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/34770/7/S_PPB_1306069_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/34770/8/S_PPB_1306069_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/34770/9/S_PPB_1306069_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/34770/10/S_PPB_1306069_Appendix.pdf