TRANSFORMASI KOMIK SAINS "KARENA BUMI BERPUTAR" MENJADI FILM PENDEK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Pengggunaan media film sebagai media pembelajaran dapat membuat guru dan siswa menjalin komunikasi dan interaksi yang lebih hidup di dalam kelas, film mempunyai durasi waktu yang bervariasi sehingga tidak semua film dapat dijadikan sebagai media pembelajaran karena waktu pembelajaran sangat terbatas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: mariam, lisda (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34779/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02950 am a22002893u 4500
001 repoupi_34779
042 |a dc 
100 1 0 |a mariam, lisda  |e author 
245 0 0 |a TRANSFORMASI KOMIK SAINS "KARENA BUMI BERPUTAR" MENJADI FILM PENDEK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR 
260 |c 2017-06-19. 
500 |a http://repository.upi.edu/34779/1/S_KDSERANG_1304999_title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34779/2/S_KDSERANG_1304999_table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34779/3/S_KDSERANG_1304999_Abstrak.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34779/4/S_KDSERANG_1304999_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34779/5/S_KDSERANG_1304999_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34779/6/S_KDSERANG_1304999_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34779/7/S_KDSERANG_1304999_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34779/8/S_KDSERANG_1304999_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34779/9/S_KDSERANG_1304999_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34779/10/S_KDSERANG_1304999_Appendix.pdf 
520 |a Pengggunaan media film sebagai media pembelajaran dapat membuat guru dan siswa menjalin komunikasi dan interaksi yang lebih hidup di dalam kelas, film mempunyai durasi waktu yang bervariasi sehingga tidak semua film dapat dijadikan sebagai media pembelajaran karena waktu pembelajaran sangat terbatas. Film yang biasa digunakan sebagai media pembelajaran ialah film yang memiliki durasi yang pendek. Film pendek ialah film yang durasinya tidak lebih dari 30 menit. Dalam penelitian ini peneliti membuat karya film pendek yang dibuat dengan mentransformasikan komik sains yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Kegiatan transformasi sendiri ialah kegiatan merubah suatu bentuk karya kedalam bentuk yang lain. Transformasi komik menjadi film pendek dilakukan melalui beberapa tahapan yang cukup panjang. Hasil dari transformasi peneliti gunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar, film yang dibuat digunakan sebagai media pembelajaran, dalam melakukan transformasi peneliti mengubah unsur yang ada di dalam komik menjadi skenario film pendek. pada dasarnya penelitian ini bertujuan mentransformasikan komik sains menjadi film pendek, dan dengan disesuaikan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ada di kurikulum dan ingin mengetahui respon dari guru dan siswa mengenai media pembelajaran yang telah dibuat. Metode yang digunakan ialah metode deskriftif kuliatatif karena data yang digunakan berupa dokumen karya sastra anak komik sains. Penelitian transformasi ini menghasilkan dua karya yaitu skenario dan film pendek dengan judul yang sama antara komik dan film. 
546 |a en 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/34779/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/34779/