PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENYIMAK MATERI CERITA ANAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN SEPANG
Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Menyimak Materi Cerita Anak pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN Sepang" Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Sepang, dengan subyek penelitian 39 orang dengan ri...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Academic Paper |
Published: |
2017-06-19.
|
Subjects: | |
Online Access: | http://repository.upi.edu/3479/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Menyimak Materi Cerita Anak pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN Sepang" Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Sepang, dengan subyek penelitian 39 orang dengan rincian 21 laki-laki 18 perempuan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan setelah mengetahui keadaan nyata siswa kelas V SDN Sepang memiliki kemampuan rendah dalam pembelajaran bahasa Indonesia khusunya keterampilan menyimak cerita anak. Tujuan dari penelitian ini untuk membantu guru meningkatkan kemampuan menyimak siswa pada materi cerita anak, dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe two stay two stray. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model kemmis dan Mc Taggart, dengan dua siklus tahapanya perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. KKM yang di tentukan sekolah 70 pada mata pelajaran bahasa Indonesia, setelah melakukan penelitian ini, menunjukkan adanya peningkatan siswa dalam menyimak cerita anak menggunakan model two stay two stray yang dapat di lihat dari aktivitas belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata 3,6, siklus II 3,8. Meningkatanya aktivitas siswa maka akan berpengaruh pada nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam menyimak cerita anak, pada pra siklus 57,94, siklus I 68,71, siklus II 80,25. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menyimak cerita anak. |
---|---|
Item Description: | http://repository.upi.edu/34790/1/S_KDSERANG_1306179_Title.pdf http://repository.upi.edu/34790/2/S_KDSERANG_1306179_Table_of_content.pdf http://repository.upi.edu/34790/3/S_KDSERANG_1306179_Abstract.pdf http://repository.upi.edu/34790/4/S_KDSERANG_1306179_Chapter1.pdf http://repository.upi.edu/34790/5/S_KDSERANG_1306179_Chapter2.pdf http://repository.upi.edu/34790/6/S_KDSERANG_1306179_Chapter3.pdf http://repository.upi.edu/34790/7/S_KDSERANG_1306179_Chapter4.pdf http://repository.upi.edu/34790/8/S_KDSERANG_1306179_Chapter5.pdf http://repository.upi.edu/34790/9/S_KDSERANG_1306179_Bibliobraphy.pdf http://repository.upi.edu/34790/10/S_KDSERANG_1306179_Appendix.pdf |