PENERAPAN MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA

Dilaksanakannya penelitian ini didasari oleh pentingnya peningkatan pembelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang sekolah dasar. Kebermaknaan sebuah pembelajaran idealnya dengan melibatkan siswa agar aktif dalam proses pembelajaran. Kebermaknaan ini akan membuat siswa menikmati proses pembelajaran, den...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: humaeroh, siti (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34793/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Dilaksanakannya penelitian ini didasari oleh pentingnya peningkatan pembelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang sekolah dasar. Kebermaknaan sebuah pembelajaran idealnya dengan melibatkan siswa agar aktif dalam proses pembelajaran. Kebermaknaan ini akan membuat siswa menikmati proses pembelajaran, dengan demikian tidak hanya pengetahuan, akan tetapi keterampilan siswapun akan meningkat. Dalam hal ini keterampilan siswa dalam menulis sangat diperhatikan. Namun, pada kenyataannya dilapangan masih ditemukan aktivitas yang monoton pada pembelajaran bahasa Indonesia, terutama dalam keterampilan menulis karangan sederhana. Hal ini menunjukkan bahwa adanya kesenjangan antara kenyataan di lapanagan dengan proses pembelajaran yang seharusnya diterapkan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan siswa dalam menulis karangan sederhana, maka peneliti menggunakan model induktif kata bergambar guna meningkatakan keterampilan tersebut. Perolehan data pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan hal ini dapat dilihat dari hasil keterampilan menulis karangan sederhana siswa pada tahap pra siklus sebelum diterapkannya model induktif kata bergambar diperoleh rerata nilai sebesar 60,33. Sedangkan setelah diterapkannya model ini keterampilan menulis karangan sederhana pada siklus I meningkat menjadi 66,53 kemudian pada siklus II sebesar 75,16. Maka dapat disimpulkan bahwa model induktif kata bergambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana siswa.
Item Description:http://repository.upi.edu/34793/1/S_KDSERANG_1300938_Title_%20Lembar%20hak%20cipta.pdf
http://repository.upi.edu/34793/2/S_KDSERANG_1300938_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/34793/3/S_KDSERANG_1300938_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/34793/4/S_KDSERANG_1300938_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/34793/5/S_KDSERANG_1300938_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/34793/6/S_KDSERANG_1300938_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/34793/7/S_KDSERANG_1300938_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/34793/8/S_KDSERANG_1300938_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/34793/9/S_KDSERANG_1300938_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/34793/10/S_KDSERANG_1300938_Appendix.pdf