KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AL-QURĀN SURAT LUQMĀN AYAT 12-19 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Penelitian ini tentang konsep pendidikan karakter dalam Q.S. Luqmān ayat 12-19 dan implikasinya terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini berangkat karena pada saat ini, dalam sistem pendidikan, lebih mengutamakan pengetahuan kognitifnya dibandingkan karakternya. Al-qurān Surat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rizki Rachmatillah, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-04-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34818/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05187 am a22003133u 4500
001 repoupi_34818
042 |a dc 
100 1 0 |a Rizki Rachmatillah, -  |e author 
245 0 0 |a KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AL-QURĀN SURAT LUQMĀN AYAT 12-19 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 
260 |c 2018-04-23. 
500 |a http://repository.upi.edu/34818/1/S_PAI_1400244_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34818/2/S_PAI_1400244_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34818/3/S_PAI_1400244_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34818/4/S_PAI_1400244_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34818/5/S_PAI_1400244_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34818/6/S_PAI_1400244_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34818/7/S_PAI_1400244_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34818/8/S_PAI_1400244_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34818/9/S_PAI_1400244_Bibliography.pdf 
520 |a Penelitian ini tentang konsep pendidikan karakter dalam Q.S. Luqmān ayat 12-19 dan implikasinya terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini berangkat karena pada saat ini, dalam sistem pendidikan, lebih mengutamakan pengetahuan kognitifnya dibandingkan karakternya. Al-qurān Surat Luqmān ayat 12-19 menjelaskan bahwa Allāh memberikan hikmah kepada Luqmān. Di antara hikmah tersebut adalah sistem pendidikan karakter anak. Penelitian ini mengkaji sembilan kitab tafsir karya delapan mufassir, yakni Tafsir Al-Bayan karya Teungku Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy, Tafsir Al-Furqān karya A. Hassan, Tafsir Al-qur'anul Majīd Al-Nūr karya Teungku Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy, Tafsir Fī Ẓilalil Qurān karya Sayyid Quthb, Tafsir Al-Aisar karya Abu Bakar Jabir Al-Jazairi, Tafsir Al-Azhar karya Prof. Dr. Hamka, Tafsir Al-Marāgī karya Ahmad Musthafa Al-Marāgī, Tafsir Al-Miṣbāḥ karya M. Quraish Shihab, dan tafsir Aṭ-Ṭabari, karya Abu Ja'far Muhammad bn Jarir Aṭ-Ṭabari; menggali konsep pendidikan karakter dari hasil tafsiran; dan menganalisis implikasinya terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Untuk mendapatkan data yang sesuai, maka penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif, serta menggunakan metode mauḍū'i untuk menganalisis data yang berupa tafsir ayat-ayat Alquran. Berdasarkan data hasil penelitian ditemukan konsep pendidikan karakter dalam Q.S. Luqmān ayat 12-19 berupa tujuan dan fungsi pendidikan karakter, nilai-nilai pendidikan karakter, prinsip-prinsip pendidikan karakter, tahapan-tahapan pendidikan karakter, metodologi pendidikan karakter dan model-model internalisasi pendidikan karakter. Konsep pendidikan karakter yang diperoleh memiliki implikasi terhadap pembelajaran PAI, baik pada tujuan pembelajaran, pendidik, peserta didik, materi pembelajaran PAI, dan metode.---- This research is about the concept of character education in Quran Sura (Q.S.) Luqmān verses 12-19 and its implications for the learning of Islamic Education (PAI). This research departed because at this time, in the education system, more priority cognitive knowledge than his character. Quran Sura Luqmān verses 12-19 explain that Allāh gives wisdom to Luqmān. Among these lessons is the character of education system of children. This study examines nine books of tafsir by eight mufassir (authors), namely Tafsir Al-Bayan by Teungku Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy, Tafsir Al-Furqān by A. Hassan, Tafsir Al-qur'anul Majīd Al-Nūr by Teungku Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy, Tafsir Fī Ẓilalil Qurān by Sayyid Qutb, Tafsir Al-Aisar by Abu Bakar Jabir Al-Jazairi, Tafsir Al-Azhar by Prof. Dr. Hamka, Tafsir Al-Marāgī by Ahmad Musthafa Al-Marāgī, Tafsir Al-Miṣbāḥ by M. Quraish Shihab, and tafsir Aṭ-Ṭabari, by Abu Ja'far Muhammad bn Jarir Aṭ-Ṭabari; explores the concept of character education from the interpretation; and analyzes its implications for the learning process of Islamic Education. To obtain the appropriate data, this research uses library research (library research) with a qualitative approach, and using the mauḍū'i method to analyze the data in the form of tafsir verses of the Qur'an. Based on data from the results of the research found the concept of character education in Q.S. Luqmān verses 12-19 in the form of the objectives and functions of character education, the values of character education, the principles of character education, the stages of character education, the methodology of character education, and the internalization models of character education. The concept of character education obtained has implications for the learning of PAI, both on the objectives of learning, educators, learners, materials, and methods. 
546 |a en 
690 |a BF Psychology 
690 |a BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/34818/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/34818/