PENGARUH PENDEKATAN TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN FUTSAL PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 9 BANDUNG

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat Pengaruh Pendekatan Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Bermain Dalam Pembelajaran Futsal Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 9 Bandung. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen, data diperoleh melalui Pre-test-Post-test de...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Mulya, Syafrian Nur (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-11-14.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34826/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat Pengaruh Pendekatan Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Bermain Dalam Pembelajaran Futsal Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 9 Bandung. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen, data diperoleh melalui Pre-test-Post-test dengan menggunakan Game Performance Asessment (GPAI) untuk usia 16-19 tahun dengan sampel sebanyak 20 siswa. Data diolah menggunakan Microsoft Excel, dan dokumentasi penelitian. Sebelum mengetahui dari penelitian tersebut dilakukan pengambilan data awal Pretest Lo = 0,087 sedangkan Lt = 0,161 pada taraf signifikan 0,05. Dan tes akhir Lo = 0,182 sedangkan Lt = 0,19 pada taraf signifikan 0,05. Dengan demikian hasil Pre-Test menunjukan bahwa Lo < Lt maka data berdistribusi normal, begitu juga dengan Post-Test menunjukan Lo < Lt maka data berdistribusi normal. Hasil penelitian ini adalah Ho : µ1 = 0, model pembelajaran Kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pembelajaran futsal. H_a: µ1 > 0, model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pembelajaran futsal dengan rata-rata peningkatan skor siswa sebanyak 3,050. --------- The purpose of this research is to look at the Influence of Team Game Tournament (TGT) Type Approach to Playing Results In Futsal Learning In Grade XI Students in Senior High School 9 Bandung. The method used in this research is experiment, the data obtained through Pre-Test-Post-Test by using Game Performance Assessment (GPAI) for age 16-19 years with sample of 20 students. Data is processed using Microsoft Excel, and research documentation. Before knowing from the research conducted pretest data retrieval Lo = 0.087 while Lt = 0.161 at a significant level of 0.05. And the final test Lo = 0.182 while Lt = 0.19 at a significant level of 0.05. Thus the Pre-Test results show that Lo <Lt then the data is normally distributed, so also the Post-Test shows Lo <Lt then the data is normally distributed. The result of this research is Ho: μ1 = 0, cooperative learning model of Team Game Tournament (TGT) type does not give significant effect to learning result of futsal learning. H_a: μ1> 0, cooperative learning model type Game Tournament (TGT) gives a significant influence on the learning outcomes of futsal learning with an average score improvement of students as much as 3.050.
Item Description:http://repository.upi.edu/34826/1/S_PJKR_1303634_Title.pdf
http://repository.upi.edu/34826/7/S_PJKR_1303634_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/34826/9/S_PJKR_1303634_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/34826/6/S_PJKR_1303634_Chapter_1.pdf
http://repository.upi.edu/34826/2/S_PJKR_1303634_Chapter_2.pdf
http://repository.upi.edu/34826/3/S_PJKR_1303634_Chapter_3.pdf
http://repository.upi.edu/34826/4/S_PJKR_1303634_Chapter_4.pdf
http://repository.upi.edu/34826/5/S_PJKR_1303634_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/34826/8/S_PJKR_1307241_Appendix.pdf