PENERAPAN METODE KARYAWISATA BERBANTUAN MEDIA PETA PEMIKIRAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI: Penelitian Eksperimen Kuasi terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya jumlah dan variasi dari bahan ajar teks eksplanasi yang beredar di sekitar siswa, baik dari pemerintah ataupun yang beredar di internet. Hal tersebut dapat berimbas pada minat, pengetahuan dan kemampuan siswa terhadap pembelajaran. Oleh sebab itu, penera...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sabrina, Zara (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-01-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34828/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya jumlah dan variasi dari bahan ajar teks eksplanasi yang beredar di sekitar siswa, baik dari pemerintah ataupun yang beredar di internet. Hal tersebut dapat berimbas pada minat, pengetahuan dan kemampuan siswa terhadap pembelajaran. Oleh sebab itu, penerapan metode karyawisata yang dibantu dengan media peta pemikiran dalam menulis teks eksplanasi diharapkan mampu mengatasi hal tersebut. Metode karyawisata diadaptasi dari metode pembelajaran yang dapat membuat siswa dapat berinteraksi langsung dengan keadaan sosial di sekitarnya dan berhasil diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi dan teks deskripsi pada penelitian sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan dapatkah metode ini diterapkan dalam pembelajaran teks eksplanasi atau sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain (Pretest-Posttest Control Group Design). Penelitian dilakukan di SMP Negeri 12 Bandung dengan subjek penelitian kelas VIII I sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Berdasarkan pengolahan data hasil penelitian, uji hipotesis menunjukkan t_hitung>t_tabel (8.242 > 1.703) dengan signifikansi 0.138 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H_1 diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan metode dan media tersebut mampu memberikan perubahan yang signifikan. Dengan demikian, telah terbukti bahwa metode karyawisata berbantuan media peta pemikiran efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. ----------- This research is motivated by the lack of quantity and variety of explanation text materials which is circulating around students, either from the government or on the internet. It can impact on student interest, knowledge and ability on learning. Therefore, the application of field trip method that is assisted by the mind map media in writing the explanation text is expected to overcome it. Field trip method is adapted from the method of learning that can make students interact directly with the social circumstances around them and successfully applied in learning to write poetry and descriptive text on the previous research. This research aims to show whether this method can be applied in explanation text lessons or vice versa. The method used in this research is quasi experiment with Pretest-Posttest Control Group design. The research was conducted in State Junior High School 12 Bandung with the research subject of class VIII I as experimental class and class VIII H as control class. Based on research data processing, the hypothesis shows t_count>t_tabel (8.242 > 1.703) with significance of 0.138 < 0.05, so it can be concluded that H_1 is accepted. It shows that explanation text writing lessons with those method and media is able to provide significant change. Thus, it has been proven that field trip method assisted by the mind map media is effectively used in explanation text writing lessons.
Item Description:http://repository.upi.edu/34828/1/S_IND_1307241_Title.pdf
http://repository.upi.edu/34828/2/S_IND_1307241_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/34828/3/S_IND_1307241_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/34828/4/S_IND_1307241_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/34828/5/S_IND_1307241_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/34828/6/S_IND_1307241_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/34828/7/S_IND_1307241_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/34828/8/S_IND_1307241_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/34828/9/S_IND_1307241_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/34828/10/S_IND_1307241_Appendix.pdf