PENERAPAN BLENDED LEARNING MELALUI GOOGLE CLASSROOM MATA PELAJARAN SOSIOLOGI UNTUK MENANAMKAN KETERAMPILAN 4C

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahaya Kahuripan Bangsa Lembang menerapkan pembelajaran yang difasilitasi dengan internet melalui Google Classroom di lingkungan Kesetaraan Paket C (setara SMA) Kelas Jauh Desa Cikahuripan. Hal ini dilakukan menyikapi alokasi waktu pelajaran Sosiologi yang mi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Aldian Hudaya, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-04-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34883/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03290 am a22003133u 4500
001 repoupi_34883
042 |a dc 
100 1 0 |a Aldian Hudaya, -  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN BLENDED LEARNING MELALUI GOOGLE CLASSROOM MATA PELAJARAN SOSIOLOGI UNTUK MENANAMKAN KETERAMPILAN 4C 
260 |c 2019-04-29. 
500 |a http://repository.upi.edu/34883/1/S_SOS_1506697_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34883/2/S_SOS_1506697_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34883/3/S_SOS_1506697_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34883/4/S_SOS_1506697_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34883/5/S_SOS_1506697_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34883/6/S_SOS_1506697_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34883/7/S_SOS_1506697_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34883/8/S_SOS_1506697_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34883/9/S_SOS_1506697_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34883/10/S_SOS_1506697_Appendix.pdf 
520 |a Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahaya Kahuripan Bangsa Lembang menerapkan pembelajaran yang difasilitasi dengan internet melalui Google Classroom di lingkungan Kesetaraan Paket C (setara SMA) Kelas Jauh Desa Cikahuripan. Hal ini dilakukan menyikapi alokasi waktu pelajaran Sosiologi yang minim dan tuntutan Revolusi Industri 4.0 yang tinggi. Namun, belum ada penelitian yang menyelidiki bagaimana pengalaman belajar, makna yang diberikan atas pengalaman tersebut, strategi yang diterapkan tutor dan pengelola PKBM, serta bagaimana semua itu berperan dalam penanaman keterampilan 4C bagi para warga belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode fenomenologi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis naratif dengan teknik coding dengan NVivo 10. Penelitian ini menemukan bahwa strategi yang akan diterapkan PKBM CKB adalah peningkatan kompetensi tutor dan penyelenggaraan pembelajaran tatap muka berbasis bermain peran. Pengalaman belajar warga belajar selama mengikuti pembelajaran dengan Google Classroom mencakup aktivitas-aktivitas mencari informasi sendiri di internet, membaca teks bacaan yang mereka temukan sampai selesai, memahami teks itu secara menyeluruh, dan menonton konten audio-visual (video) yang mereka cari sendiri; semuanya dalam rangka menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya dalam pembelajaran. Wujud keterampilan 4C yang ditunjukkan adalah kemampuan mencari informasi sendiri, memahami isi teks, dan memahami konteks yang diberikan dalam ilustrasi (berpikir kritis), mencoba hal-hal baru, mencoba inovasi baru, dan membuat sesuatu yang baru (kreativitas), bekerja sama jarak jauh melalui media komunikasi (komunikasi dan kerja sama), dan kemampuan mencari, menyaring, memahami dan mengulas konten yang disampaikan secara digital melalui gawai (literasi digital). 
546 |a en 
690 |a HM Sociology 
690 |a LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/34883/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/34883/