PERANAN EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DALAM UPAYA MENANAMKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA (Studi Kasus di SMP Negeri 26 Bandung)

Ai Sri Wahyuni (2019). Peranan Ekstrakulikuler Pramuka Dalam Upaya Menanamkan Kepedulian Sosial Siswa (Studi Kasus di SMP Negeri 26 Bandung) Adanya era globalisasi dan kemajuan teknologi, tidak dapat dipungkiri memberikan pengaruh terhadap munculnya permasalahan-permasalahan dikalangan siswa yang be...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ai Sri Wahyuni, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-04-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3489/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05501 am a22002893u 4500
001 repoupi_34890
042 |a dc 
100 1 0 |a Ai Sri Wahyuni, -  |e author 
245 0 0 |a PERANAN EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DALAM UPAYA MENANAMKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA (Studi Kasus di SMP Negeri 26 Bandung) 
260 |c 2019-04-25. 
500 |a http://repository.upi.edu/34890/1/S_PKN_1501124_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34890/2/S_PKN_1501124_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34890/3/S_PKN_1501124_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34890/4/S_PKN_1501124_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34890/5/S_PKN_1501124_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34890/6/S_PKN_1501124_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34890/7/S_PKN_1501124_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34890/8/S_PKN_1501124_Appendix.pdf 
520 |a Ai Sri Wahyuni (2019). Peranan Ekstrakulikuler Pramuka Dalam Upaya Menanamkan Kepedulian Sosial Siswa (Studi Kasus di SMP Negeri 26 Bandung) Adanya era globalisasi dan kemajuan teknologi, tidak dapat dipungkiri memberikan pengaruh terhadap munculnya permasalahan-permasalahan dikalangan siswa yang berkaitan dengan perilaku menyimpang seperti perilaku bullying, perkelahian dan lain sebagainya. Perilaku menyimpang siswa tersebut merupakan fenomena yang masih terjadi di dalam lingkungan pendidikan. Permasalahan tersebut disebabkan oleh lunturnya atau terkikisnya nilai-nilai kepedulian sosial dalam diri siswa, sehingga diperlukan adanya pembinaan sikap dan penanaman nilai dan moral bagi siswa untuk menjadi warga negara yang baik. Salah satunya melalui melalui pendidikan karakter yang dilakukan di sekolah, namun pendidikan karakter di sekolah melalui bentuk kegiatan belajar mengajar yang dilakukan guru di kelas tidaklah cukup untuk membentuk dan menanamkan sikap dan nilai-nilai kepedulian sosial, maka diperlukanlah suatu wadah yang dapat membantu terhadap penanaman sikap kepedulian sosial siswa, yaitu melalui ekstrakulikuler pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai peranan ekstrakulikuler pramuka dalam upaya menanamkan kepedulian sosial siswa di SMP Negeri 26 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan analisis dokumen. Hasil yang diperoleh dari penelitian di SMP Negeri 26 Bandung yaitu (1) bentuk kegiatan ekstrakulikuler pramuka dalam upaya menanamkan kepedulian sosial yaitu kegiatan latihan rutin, kegiatan bakti sosial dan kegiatan tambahan lainnya; (2) nilai-nilai kepedulian sosial yang dikembangkan dalam ekstrakulikuler pramuka terdiri dari nilai empati terhadap sesama manusia, nilai tolong-menolong, nilai rela berkorban, nilai kerjasama dan nilai solideritas. (3) kendala yang dihadapi yaitu kurangnya komitmen dari anggota ekstrakulikuler pramuka dan rendahnya dukungan dari pihak sekolah; (4) upaya yang dilakukan yaitu pembinaan terhadap anggota ekstrakulikuler pramuka dan meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan pihak sekolah. Kata Kunci : Ekstrakulikuler Pramuka, Kepedulian Sosial, Siswa Ai Sri Wahyuni (2019). The Role Of Scout Extracurricular In Implenting Stundents Social Care (Case Study in SMP Negeri 26 Bandung) The era of globalization and technological advancement, it is undeniable to influence the emergence of problems among students related to misconduct behavior such as bullying, fights and so forth. Misconduct behavior of students is a phenomenon that still occurs in educational environment. These problems are caused by the fading or erosion of the values of students' social care, so that there is a need for encouraging attitudes and establishing morals values for students to become good citizens. One of them is through character education that carried out in schools, but character education in schools through teaching and learning activities is not enough to form and instill attitudes and social care values, then, a container is needed to support attitudes students' social care through scout extracurricular activities. This study aimed to analyze the role of scout extracurricular in an effort to instill students' social care in Bandung State Middle School. This study was using qualitative approach and case study research methods. Data collection was done by observation, interviews and document analysis. The results obtained from the research at SMP Negeri 26 Bandung were (1) Scout extracurricular activities in an effort to instill social care namely routine training activities, social service activities and other additional activities; (2) the values of social care developed in scout extracurricular activities consist of the value of empathy among human beings, the value of help, the value of being willing to sacrifice, the value of cooperation and the value of solidarity. (3) constrictions faced are lack of commitment from scout extracurricular members and low support from the school; (4) efforts made are guidance for scout extracurricular members and improving coordination and communication with the school. Keywords: Scout Extracurricular, Social Care, Students 
546 |a en 
690 |a JA Political science (General) 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/34890/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3489/