PENGARUH KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE - KECAMATAN CIAWI KABUPATEN BOGOR

Penelitian ini berjudul "Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru di Sekolah Dasar Negeri Se - Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor". Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis gambaran pengaruh kepemimpina n pembelajaran kepala sekolah t...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Riani Siti Hasanah Nurlaela, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-04-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34895/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini berjudul "Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru di Sekolah Dasar Negeri Se - Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor". Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis gambaran pengaruh kepemimpina n pembelajaran kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru di sekolah dasar negeri se - kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian desktiptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 76 guru yang tersebar di 23 SDN se - Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Analisis perhitungan dalam penelitian ini menggunakan bantuan program Microsoft Excel 2010 dan SPSS 24.0 for windows . Hasil perhitungan Weight Means Score (WMS), men unjukkan bahwa Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah berada pada kategori baik dengan rata - rata variable 3,9 . Untuk Kinerja Mengajar Guru SDN se - kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor berada pada kategori sangat baik dengan rata - rata keseluruhan indikator sebesar 4, 03. Analisis korelasi antara kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan kinerja mengajar guru memiliki hubungan cukup kuat dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,496 . Besarnya pengaruh kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah terhadap kiner ja mengajar guru dari hasil uji determinasi sebesar 24,6%. Hasil perhitungan signifikasi diperoleh harga 푡 h 푖 푡 푢 푛 푔 sebesar 4, 909 , sedangkan 푡 푡 푎 푏 푒 푙 dengan α = 0,05 adalah 1,99 2 artinya 푡 h 푖 푡 푢 푛 푔 > 푡 푡 푎 푏 푒 푙 yaitu 4, 909 >1,99 2 terdapat hubung an yang signifikan antara variabel X dan Y. A dapun persamaan regresi dari kedua variabel yaitu Y= 36,550 +0, 259 X yang artinya persamaan regresi tersebut mempunyai arti bahwa jika Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah bertambah satu satuan sebesar 36,550 , maka nilai Kinerja Mengajar Guru akan bertambah sebesar 0, 259
Item Description:http://repository.upi.edu/34895/1/S_ADP_1403587_Title.pdf
http://repository.upi.edu/34895/2/S_ADP_1403587_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/34895/3/S_ADP_1403587_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/34895/4/S_ADP_1403587_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/34895/5/S_ADP_1403587_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/34895/6/S_ADP_1403587_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/34895/7/S_ADP_1403587_Appendix.pdf