UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MANIPULATIF LENGAN PADA PEMBELAJARAN MODEL PENDIDIKAN GERAK BERFORMAT PERMAINAN

Penelitian ini dimotivasi oleh rendahnya keterampilan manipulatif siswa SDPN 252 Setiabudi, yang menunjukkan kurangnya perhatian guru pada keterampilan tersebut. Penelitian ini dimaksudkan atau ditunjukkan untuk meningkatkan keterampilan manipulatif lengan dengan menerapkan model pendidikan gerak be...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Risma Jati Rahayu, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-04-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34896/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03283 am a22002773u 4500
001 repoupi_34896
042 |a dc 
100 1 0 |a Risma Jati Rahayu, -  |e author 
245 0 0 |a UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MANIPULATIF LENGAN PADA PEMBELAJARAN MODEL PENDIDIKAN GERAK BERFORMAT PERMAINAN 
260 |c 2019-04-26. 
500 |a http://repository.upi.edu/34896/1/S_SDP_1500071_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34896/2/S_SDP_1500071_Chapter%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34896/3/S_SDP_1500071_Chapter%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34896/4/S_SDP_1500071_Chapter%203.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34896/5/S_SDP_1500071_Chapter%204.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34896/6/S_SDP_1500071_Chapter%205.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34896/7/S_SDP_1500071_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dimotivasi oleh rendahnya keterampilan manipulatif siswa SDPN 252 Setiabudi, yang menunjukkan kurangnya perhatian guru pada keterampilan tersebut. Penelitian ini dimaksudkan atau ditunjukkan untuk meningkatkan keterampilan manipulatif lengan dengan menerapkan model pendidikan gerak berformat permainan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan instrumen GPAI (Games Perfomance Assesment Instrument) dan catatan lapangan. Partisipan penelitian ini adalah 34 siswa kelas 4C SDPN 252 Setiabudi. Pada tahun akademik 2018/2019, terdiri dari ( 17 laki-laki dan 17 perempuan). Hasil pre-test menunjukkan bahwa keterampilan manipulatif lengan siswa mencapai 68,03%; Siklus 1 tindakan 1 mencapai 71,15%; Siklus 1 tindakan 2 mencapai 72,01%; Siklus 2 tindakan 1 mencapai 76,10%; Dan siklus 2 tindakan 2 mencapai 77,57%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model pendidikan gerak berformat permaianan dapat meningkatkan keterampilan manipulatif lengan terhadap siswa SDPN 252 Setiabudi. This research was motivated by the low manipulative skills of students at SDPN (Elementary School) 252 Setiabudi, which showed the teacher's low attention to these skills. This study improved or improved arm manipulation skills by using a game format motion education model. The method used in this study is action research. To collect the data, this study use GPAI (Games Performance Assessment Instrument) and field notes as the instrument. The type of this study is qualitative research. The samples of this study were 34 student of 4C grade SDPN (Elementary School) 252 Setiabudi in the 2018/2019 academic year, consist of (17 men and 17 women). The results of the pre-test showed that students' arm manipulative skills reached an average percentage that is 68.03%; Cycle 1 of action 1 reach 71.15%; Cycle 1 of action 2 reach 72.01%; Cycle 2 of action reach 76.10%; and cycle 2 of action 2 reach 77,57%;. Thus it can be concluded that the learning formatted motion education education model can improve arm manipulative skills for SDPN (Elementary School) 252 Setiabudi. 
546 |a en 
690 |a GV Recreation Leisure 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/34896/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/34896/