KONSEP PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI

Berdasarkan survei peneliti, ditemukan bahwa proses pembelajaran PAI belum mencapai hasil yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan, yakni pribadi yang berakhlak. Tentu banyak aspek yang mempengaruhinya antara lain pribadi pendidik. Sosok Ki Hadjar Dewantara adalah sosok pendidik yang fenomenal, seh...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Siti Shafa Marwah, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-04-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/34988/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04039 am a22003253u 4500
001 repoupi_34988
042 |a dc 
100 1 0 |a Siti Shafa Marwah, -  |e author 
245 0 0 |a KONSEP PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI 
260 |c 2018-04-23. 
500 |a http://repository.upi.edu/34988/1/S_PAI_1405254_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34988/2/S_PAI_1405254_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34988/3/S_PAI_1405254_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34988/4/S_PAI_1405254_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34988/6/S_PAI_1405254_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34988/5/S_PAI_1405254_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34988/7/S_PAI_1405254_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34988/8/S_PAI_1405254_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34988/9/S_PAI_1405254_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/34988/10/S_PAI_1405254_Appendix.pdf 
520 |a Berdasarkan survei peneliti, ditemukan bahwa proses pembelajaran PAI belum mencapai hasil yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan, yakni pribadi yang berakhlak. Tentu banyak aspek yang mempengaruhinya antara lain pribadi pendidik. Sosok Ki Hadjar Dewantara adalah sosok pendidik yang fenomenal, sehingga membuat peneliti melakukan analisis terhadap konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Hasil penelitian yang didapatkan, diharapkan bisa menjadi pilihan solusi atas masalah yang dialami guru pendidikan agama Islam. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif-analitis, sehingga peneliti sendiri yang harus menganalisis secara mendalam mengenai konsep pendidikan beliau dari sejumlah dokumen yang ada dan mendeskripsikannya secara rinci, untuk mencari ada tidaknya solusi yang bisa memberikan implikasi positif bagi pendidikan agama Islam dalam hal mengembangkan proses pembelajaran. Penelitian ini berbeda dengan penelitian lain yang lebih fokus membahas nilai inti dari konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara saja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara mampu memberikan implikasi yang positif dalam perkembangan proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Implementasi dari penelitian ini adalah agar pembaca khususnya pendidik agama Islam mempelajari dan mengadopsi metode Among milik Ki Hadjar Dewantara kemudian menjadikan metode tersebut sebagai inovasi dalam proses pembelajaran yang dilakukan. ----- Based on the survey result, researcher found that the PAI learning process has not reached result in accordance with the expected goal, personal morality. Many aspects influenced this problem, that the figure of educators make me analyzing the educational concept of Ki Hadjar Dewantara. The results obtained, make me expected this research can be option of solution about educator's problems. This research was used qualitative approach and descriptive-analytical method, so the researcher must analyze in more depth from various documents and describe that more detail, to find solution that can give positive implication for Islamic religious education in developing process learning. This study is different from the others which just to research about the important Ki Hadjar Dewantara's value only. The results of this study indicate that the educational concept of Ki Hadjar Dewantara can provide positive implications in the learning process of Islamic education. Implementation of this research is for the readers, especially Islamic religious educators to learn and use Among methods Ki Hadjar Dewantara for process learning in the class. 
546 |a en 
690 |a BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/34988/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/34988/