FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN DASAR - DASAR KONSTRUKSI DAN ILMU UKUR TANAH PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMK NEGERI 9 GARUT

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana motivasi siswa dalam belajar, faktor-faktor yang mempengaruhi siswa belajar pada mata kuliah dasar-dasar konstruksi dan ilmu ukur tanah pada siswa SMK Negeri 9 Garut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelit...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rizxy Insanh Timur, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-04-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/358/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana motivasi siswa dalam belajar, faktor-faktor yang mempengaruhi siswa belajar pada mata kuliah dasar-dasar konstruksi dan ilmu ukur tanah pada siswa SMK Negeri 9 Garut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian desktriptif. Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan quesioner. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 9 Garut dengan jumlah responden sebanyak 31 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang mendapatkan ranking 1 dalam mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar dengan skor sebanyak 58,83% adalah aspek intrinsik. Sedangkan 41,17% skor dari siswa menunjukan pengaruh aspek ekstrinsik dalam mempengaruhi terhadap motivasi belajar siswa. Hasil lain dalam penelitian ini juga menunjukan bahwa tiga indikator dari aspek intrinsik yaitu cita-cita atau aspirasi siswa memiliki skor sebesar 23,81%, indikator kemampuan siswa memiliki skor sebesar 17,36% dan kondisi siswa memiliki skor sebesar 17,67%. Sedangkan indikator dari aspek ekstrinsik yaitu indikator kondisi lingkungan siswa memiliki skor sebesar 14,43%, indikator unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran memiliki skor sebesar 11,06%, dan indikator upaya guru dalam membelajarkan siswa memiliki skor sebesar 15,67%. Hal tersebut juga menunjukan bahwa indikator-indikator dari aspek intrinsik memiliki presentase lebih besar dibandingkan dengan indikator-indikator dari aspek ekstrinsik.
Item Description:http://repository.upi.edu/35008/6/S_PTB_1405137_Title.pdf
http://repository.upi.edu/35008/2/S_PTB_1405137_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/35008/7/S_PTB_1405137_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/35008/3/S_PTB_1405137_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/35008/4/S_PTB_1405137_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/35008/5/S_PTB_1405137_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/35008/1/S_PTB_1405137_Appendix.pdf