EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE KETELADANAN RASULALLĀH DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH : Studi Eksperimen Menggunakan Audio Visual di SMPN 29 Bandung

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang menunjukkan bahwa proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) masih mengalami berbagai kendala, salah satunya adalah pembentukan akhlak dari setiap siswa. Pada pelaksanaannya, metode pengajaran yang masih digunakan di Sekolah yang dijadikan peneli...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Siti Maesaroh, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-04-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3554/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 06125 am a22003253u 4500
001 repoupi_35054
042 |a dc 
100 1 0 |a Siti Maesaroh, -  |e author 
245 0 0 |a EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE KETELADANAN RASULALLĀH DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH : Studi Eksperimen Menggunakan Audio Visual di SMPN 29 Bandung 
260 |c 2018-04-23. 
500 |a http://repository.upi.edu/35054/1/S_PAI_1404746_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35054/2/S_PAI_1404746_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35054/3/S_PAI_1404746_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35054/4/S_PAI_1404746_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35054/5/S_PAI_1404746_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35054/6/S_PAI_1404746_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35054/7/S_PAI_1404746_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35054/8/S_PAI_1404746_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35054/9/S_PAI_1404746_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35054/10/S_PAI_1404746_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang menunjukkan bahwa proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) masih mengalami berbagai kendala, salah satunya adalah pembentukan akhlak dari setiap siswa. Pada pelaksanaannya, metode pengajaran yang masih digunakan di Sekolah yang dijadikan penelitian yaitu metode konvensional, berupa ceramah, tanya jawab dan yang lainnya, hal ini menyebabkan pembelajaran PAI di sekolah lebih cenderung pada pengembangan aspek intelektualnya berupa kecerdasan atau pengetahuannya saja sedangkan dari segi perkembangan akhlak dari setiap siswa kurang diperhatikan. Untuk menanggulangi masalah tersebut maka perlu diterapkannya suatu metode pengajaran yang tepat dan efektif untuk perkembangan dan pertumbuhan siswa. Dengan begitu peneliti menggunakan suatu metode yaitu Metode pengajaran Keteladanan Rasulullāh. Metode ini merupakan metode pengajaran yang penyajiannya dapat diterapkan langsung melalui pengamalan dalam kehidupan sehari-hari dan menyentuh berbagai aspek kepribadian siswa, dimana pesan nilai disajikan melalui suatu latihan pengamalan berupa metode keteladanan Berkaitan dengan hal tersebut dituntut bagi orang tua, guru memiliki sifat-sifat yang patut diteladani sebagaimana yang dipraktekkan oleh Nabi Saw. seperti sifat jujur, sabar, rendah hati dan sifat Akhlakul karimah lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana efektivitas metode Keteladanan Rasulullāh dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan Akhlakul karimah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif desain penelitian non-equivalent control group design. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil Uji Beda dari kedua variabel (Pretest dan Posttest) yaitu kelas Kontrol dan Kelas Eksperimen memiliki rerata yang sama ditolak. Hal itu dikarenakan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.007 lebih kecil dari pada nilai α (0.25) untuk kelas Kontrol sedangkan untuk kelas eksperimen dimana nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 lebih kecil dari pada nilai α (0.25). Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa nilai rata-rata Kecenderungan Akhlakul Karimah antara kelas Kontrol dan kelas Eksperimen sebelum dan sesudah treatment pun berbeda secara Statistik. Dengan kata lain, hasil dari penerapan Metode Keteladanan Rasulullah ini sangat efektif dalam meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa.----- The study was backed by the fact that indicates that the process of learning the Islamic religious education (PIE) are still experiencing various obstacles, like the establishment of the morals every students had. In practice, teaching method in the school that chosen as a research place still used conventional methods, like a lectures, ask and answer, and etc, this leads to learning PAI at school are more likely to develop intellectual aspect while in terms of the development of students morals was less cared for. To overcome these problems it's needed to applied a teaching methods that appropriate and effective for student's development and growth That's the reason why the researchers used a method like Rasulullah Example's teaching method. This method can be applied directly through daily life's practice and touched the various aspects of student's personalities, where the value is presented through an exercise like example method. In respect of that being sued for parents, teachers have an exemplary attitudes like what Prophet Muhammad does. like a honesty, patience, humble and others of Akhlakul karimah's nature. The purpose of this research is to know the effectiveness of the Rasulullah Example's method teaching on PAI learning to improve Akhlakul karimah. The research method used was quasi experiment with quantitative research design approach of non-equivalent control group design. The techniques used in data collection is the question form, observation, and documentation. Test results from these two Different variables (Pretest and Posttest) the control class and the class Experiments have the same average refused. It is because the value of the Sig (2-tailed) of 0.007 is smaller than on the value of α (0.25) for a control class while the class of experiments where the value of the Sig (2-tailed) by 0000 is smaller than on the value of α (0.25). Thus it can be concluded that the average value of a tendency Akhlakul Karimah between control and Experimental classes before and after the treatment statistically has a differences. In other words, the result of applying Rasulullah Example's teaching method is very effective in improving student's Akhlakul Karimah. 
546 |a en 
690 |a BL Religion 
690 |a BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/35054/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3554/