PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN DAHU TAHUN AJARAN 2017/2018

Keterampilan berbicara siswa berpengaruh pada perkembangan dan hasil pembelajaran. Hal ini membuat siswa harus bisa berbicara di depan kelas dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat. Permasalahan ini dialami oleh beberapa siswa kelas V SDN Dahu, Cikeusal, Serang-Banten. Untuk mengatasi permas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: kholik, ibrahim (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-07-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3598/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03035 am a22002893u 4500
001 repoupi_35098
042 |a dc 
100 1 0 |a kholik, ibrahim  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN DAHU TAHUN AJARAN 2017/2018 
260 |c 2018-07-25. 
500 |a http://repository.upi.edu/35098/1/S_KDSERANG_1302030_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35098/2/S_KDSERANG_1302030_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35098/3/S_KDSERANG_1302030_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35098/4/S_KDSERANG_1302030_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35098/5/S_KDSERANG_1302030_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35098/6/S_KDSERANG_1302030_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35098/7/S_KDSERANG_1302030_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35098/8/S_KDSERANG_1302030_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35098/9/S_KDSERANG_1302030_Bibiography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35098/10/S_KDSERANG_1302030_Appendix.pdf 
520 |a Keterampilan berbicara siswa berpengaruh pada perkembangan dan hasil pembelajaran. Hal ini membuat siswa harus bisa berbicara di depan kelas dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat. Permasalahan ini dialami oleh beberapa siswa kelas V SDN Dahu, Cikeusal, Serang-Banten. Untuk mengatasi permasalahan ini, salah satu model pembelajaran yang bisa dijadikan alternatif pembelajarannya sesuai dengan kondisi tersebut adalah metode Role Playing. Tujuan akhir penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan metode Role Playing pada siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi bermain drama di kelas V. Dari hasil penelitian dapat diketahui, bahwa kemampuan mengajar guru masih belum efektif. Hal ini disebabkan guru belum memahami dan menemukan metode pembelajaran yang tepat untuk pelajaran Bahasa Indonesia materi bermain drama sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan sikap yang positif pada siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil setiap siklus yang mengalami peningkatan yang positif. Pada pra siklus kemampuan mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam bermain peran hanya mencapai kurang dari 30% sedangkan pada siklus I menjadi 53,9%, siklus II 69,2% dan siklus III 76,9% dan aktivitas belajar siswa pada siklus I 33 ,3%, siklus II 66,7% dan sedangkan siklus III 88,9%. Jadi secara umum hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode Role Playing pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi bermain drama sangat berpengaruh dimana siswa lebih aktif dalam pembelajaran dengan situasi belajar lebih nyaman dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 
546 |a en 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/35098/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3598/