PENERAPAN METODE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TENTANG PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN

Latar belakang dalam penelitian ini karena ditenukannya masalah pada kelas VB SD Negeri Cadasari 3 dalam kegiatan pembelajaran IPS yaitu kurangnya aktivitas belajar siswa yang disebabkan oleh metode yang digunakan guru masih bersifat sederhana dan terpusat kepada guru. Metode ceramah saja yang hanya...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: oktavianti, niniek dwi putri (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-07-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/35145/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Latar belakang dalam penelitian ini karena ditenukannya masalah pada kelas VB SD Negeri Cadasari 3 dalam kegiatan pembelajaran IPS yaitu kurangnya aktivitas belajar siswa yang disebabkan oleh metode yang digunakan guru masih bersifat sederhana dan terpusat kepada guru. Metode ceramah saja yang hanya digunakan oleh guru selama proses pembelajaran berlangsung. Sehingga mengakibatkan aktivitas belajar siswa yang pasif yaitu selama pembelajaran terdapat siswa yang tidak serius dalam mengikuti kegiatan pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan metode yang dapat menimbulkan adanya aktivitas siswa dalam kegiatan belajar yaitu dengan menerapkan metode Team Game Tournament (TGT). Untuk melakukan penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Tagart. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan diawali kegiatan prasiklus. Tahapan dari masing-masing siklus yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Adapun langkah-langkah yang dilakukan pada proses pembelajaran dengan metode ini yaitu persentasi kelas, belajar kelompok, permainan, turnamen akademik dan memberikan penghargaan kepada kelompok yang mendapatkan skor tertinggi. Hasil penelitian dengan menggunakan metode ini pada mata pelajaran IPS yang ditunjukkan dengan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa dari lembar pengamatan dan angket respon aktivitas yang di isi oleh siswa yaitu pada siklus I sebesar 74,73% dan 75%. Persentase tersebut menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa termasuk ke dalam kriteria cukup. Peningkatan terjadi pada siklus II yaitu berdasarkan lembar pengamatan meningkat 10,13% menjadi 84,86% dan berdasarkan angket meningkat sebesar 13,82% menjadi 88,82%, persentase aktivitas belajar siswa pada siklus II menunjukkan pada kriteria yang tinggi. Peningkatan persentase tersebut menujukkan bahwa penerapan metode Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
Item Description:http://repository.upi.edu/35145/1/1.%20S_KDSERANG_1400270_Title.pdf
http://repository.upi.edu/35145/2/2.%20S_KDSERANG_1400270_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/35145/3/3.%20S_KDSERANG_1400270_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/35145/4/4.%20S_KDSERANG_1400270_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/35145/5/5.%20S_KDSERANG_1400270_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/35145/6/6.%20S_KDSERANG_1400270_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/35145/7/7.%20S_KDSERANG_1400270_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/35145/8/8.%20S_KDSERANG_1400270_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/35145/9/9.%20S_KDSERANG_1400270_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/35145/10/10.%20S_KDSERANG_1400270_Appendix.pdf