IMPLEMENTASI PSYCHOMOTOR THERAPY TERHADAP PERILAKU HIPERAKTIF MELALUI AKTIVITAS AQUATIK PADA ANAK ADHD DI KAMPOENG BELAJAR SWIMMING CLUB

Asri Lestari (1501647). Skripsi : Implementasi Psychomotor Therapy Terhadap Perilaku Hiperaktif Melalui Aktivitas Aquatik Pada Anak ADHD di Kampoeng Belajar Swimming Club. Pembimbing Skripsi : Drs. Bambang Abduljabar, M.Pd, Drs. Helmy Firmansyah, M.Pd. Program Studi PJKR di Universitas Pendidikan In...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Asri Lestari, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-04-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/35255/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02457 am a22002773u 4500
001 repoupi_35255
042 |a dc 
100 1 0 |a Asri Lestari, -  |e author 
245 0 0 |a IMPLEMENTASI PSYCHOMOTOR THERAPY TERHADAP PERILAKU HIPERAKTIF MELALUI AKTIVITAS AQUATIK PADA ANAK ADHD DI KAMPOENG BELAJAR SWIMMING CLUB 
260 |c 2019-04-29. 
500 |a http://repository.upi.edu/35255/7/S_JKR_1501647_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35255/2/S_JKR_1501647_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35255/3/S_JKR_1501647_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35255/4/S_JKR_1501647_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35255/5/S_JKR_1501647_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35255/6/S_JKR_1501647_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35255/1/S_JKR_1501647_Appendix.pdf 
520 |a Asri Lestari (1501647). Skripsi : Implementasi Psychomotor Therapy Terhadap Perilaku Hiperaktif Melalui Aktivitas Aquatik Pada Anak ADHD di Kampoeng Belajar Swimming Club. Pembimbing Skripsi : Drs. Bambang Abduljabar, M.Pd, Drs. Helmy Firmansyah, M.Pd. Program Studi PJKR di Universitas Pendidikan Indonesia Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan psychomotor therapy melalui aktivitas aquatik terhadap perilaku aktif anak ADHD. Seorang anak ADHD dipengaruhi perlakuan renang selama 12 kali pertemuan yang berintikan pada partisipasi, pengendalian diri dan penguasaan emosi dalam pola penelitian Single Subject Research. Perlakuan dipolakan kedalam desain A-B-A secara periodik. Instrumen perekaman data digunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Melalui prosedur statistik sederhana diperoleh gambaran rata-rata setiap sesi perlakuan didapat: a) Fase Baseline-1 = 58% b) Fase Intervensi = 69,6% c) Fase Baseline-2 = 80,6%. Selain itu diperoleh bukti perilaku bahwa anak ADHD menunjukan kemampuan: 1. Mampu menunggu giliran kesempatan. 2. Mampu mendengarkan intruksi. 3. Mampu mengendalikan diri. Dapat dinyatakan bahwa aktivitas aquatik dengan prediksi disukai anak menujukan gejala-gejala penurunan perilaku hiperaktif anak ADHD. Kata kunci : Psychomotor therapy, anak adhd 
546 |a en 
690 |a GV Recreation Leisure 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/35255/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/35255/