PERAN DAKWAH ISLAM MELALUI MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN POLITIK BAGI SISWA : Studi Deskriptif Siswa Kelas XII SMA Mutiara Bunda

Dakwah dapat dilakukan dengan berbagai cara yang beragam, salah satunya menggunakan media sosial. Dakwah Islam kontemporer tidak hanya membahas mengenai Islam saja. Namun, dakwah Islam mampu membahas semua aspek dalam kehidupan manusia termasuk politik. Kemajuan teknologi membuat dakwah Islam melalu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Restu Adi Nugraha, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-04-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/35327/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04736 am a22002893u 4500
001 repoupi_35327
042 |a dc 
100 1 0 |a Restu Adi Nugraha, -  |e author 
245 0 0 |a PERAN DAKWAH ISLAM MELALUI MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN POLITIK BAGI SISWA : Studi Deskriptif Siswa Kelas XII SMA Mutiara Bunda 
260 |c 2019-04-29. 
500 |a http://repository.upi.edu/35327/1/S_PKN_1505900_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35327/2/S_PKN_1505900_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35327/3/S_PKN_1505900_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35327/4/S_PKN_1505900_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35327/5/S_PKN_1505900_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35327/6/S_PKN_1505900_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35327/7/S_PKN_1505900_Appendix.pdf 
520 |a Dakwah dapat dilakukan dengan berbagai cara yang beragam, salah satunya menggunakan media sosial. Dakwah Islam kontemporer tidak hanya membahas mengenai Islam saja. Namun, dakwah Islam mampu membahas semua aspek dalam kehidupan manusia termasuk politik. Kemajuan teknologi membuat dakwah Islam melalui media sosial memberikan pendidikan politik kepada masyarakat khususnya kepada siswa. Siswa kelas XII yang pada umumnya termasuk dalam kategori sebagai pemilih pemula memiliki jumlah yang cukup besar, dengan demikian pendidikan politik penting bagi siswa untuk lebih memahami mengenai politik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran dakwah Islam melalui media sosial untuk memberikan pendidikan politik kepada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah wawancara, observasi, studi dokumentasi, studi literatur, dan catatan lapangan. Data yang berhasil diperoleh kemudian divalidasi menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Siswa tidak tertarik dengan dakwah Islam yang berkaitan dengan politik melalui media sosial karena informasi politik di media sosial memberikan stigma negatif kepada siswa. (2) Pemanfaatan media sosial dalam dakwah Islam tidak banyak membahas mengenai politik dan hanya memberikan pengetahuan umum mengenai politik kepada siswa. (3) Dakwah Islam melalui media sosial sebagai sarana pendidikan politik hanya memberikan pendidikan politik secara umum kepada siswa berupa ajakan memilih pemimpin yang baik dan amanah sesuai dengan ajaran agama Islam. Namun, siswa lebih merasakan pendidikan politik yang diterima melalui keluarga, teman, organisasi dan mata pelajaran PPKn. Da'wah can be done in various diverse ways, one of which is using social media. Contemporary Islamic Da'wah does not only discuss Islam. However, Islamic da'wah is able to discuss all aspects of human life including politics. Technological advances in making Islamic da'wah through social media provide political education to the public, especially students. Grade XII students who are generally included in the category as beginner voters have quite a large number, thus political education is important for students to understand more about politics. This study aims to find out how big the role of Islamic da'wah through social media is to provide political education to students. This study uses a qualitative approach with descriptive methods. Data collection techniques conducted by researchers were interviews, observation, documentation studies, literature studies, and field notes. The data obtained were then validated using source triangulation techniques and triangulation of data collection techniques. The results showed that (1) Students were not interested in Islamic da'wah related to politics through social media because political information on social media gave a negative stigma to students. (2) The use of social media in Islamic da'wah does not discuss much about politics and only provides general knowledge about politics to students. (3) Islamic Da'wah through social media as a means of political education only provides general political education to students in the form of an invitation to choose good and trustworthy leaders in accordance with Islamic teachings. However, students feel more about political education received through family, friends, organizations and civic education. 
546 |a en 
690 |a BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc 
690 |a H Social Sciences (General) 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/35327/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/35327/