PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA ANAK USIA DINI : Penelitian Kuasi Eksperimen di TK Lab UPI Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019

PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA ANAK USIA DINI (Penelitian Kuasi Eksperimen di TK LAB UPI Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019) Risyda Lamiya Nabila Hakim 1505315 ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya pengetahuan anak dalam konsep p...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Risyda Lamiya Nabila Hakim, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-05-16.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/35419/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03681 am a22002893u 4500
001 repoupi_35419
042 |a dc 
100 1 0 |a Risyda Lamiya Nabila Hakim, -  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA ANAK USIA DINI : Penelitian Kuasi Eksperimen di TK Lab UPI Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019 
260 |c 2019-05-16. 
500 |a http://repository.upi.edu/35419/1/S_PAUD_1505315_COVER.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35419/2/S_PAUD_1505315_CHAPTER1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35419/3/S_PAUD_1505315_CHAPTER2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35419/4/S_PAUD_1505315_CHAPTER3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35419/5/S_PAUD_1505315_CHAPTER4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35419/6/S_PAUD_1505315_CHAPTER5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35419/7/S_PAUD_1505315_APPENDIX.pdf 
520 |a PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA ANAK USIA DINI (Penelitian Kuasi Eksperimen di TK LAB UPI Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019) Risyda Lamiya Nabila Hakim 1505315 ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya pengetahuan anak dalam konsep pembelajaran sains di TK LAB UPI Bandung. Adapun solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan pembelajaran sains berbasis eksperimen. Sampel penelitian ini menggunakan subjek penelitian sebanyak 18 anak yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control grup design dengan instrumen penelitian berupa daftar ceklis mengenai keterampilan proses sains anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sains berbasis eksperimen memberikan pengaruh terhadap keterampilan proses sains pada anak usia dini. maka dari itu, dapat dijadikan sebuah rekomendasi bagi peneliti selanjutnya untuk menerapkan pembelajaran sains berbasis eksperimen dengan memperbanyak kegiatan eksperimen dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada anak usia dini. Kata Kunci : Keterampilan Proses Sains, Pembelajaran Sains, Metode Eksperimen EFFECT OF EXPERIMENT-BASED SCIENCE LEARNING ON SCIENCE PROCESS SKILLS IN EARLY CHILDHOOD (Quasi-Experimental Research at LAB UPI Kindergarten, Bandung City Academic Year 2018/2019) Risyda Lamiya Nabila Hakim 1505315 ABSTRACT This research motivated by the low level of children's knowledge in the concept of science learning at the LAB UPI Kindergarten in Bandung. The solution to overcome these problems is by using experimental science-based on learning. The sample of this study used 18 research subjects consisting of 5 girls and 12 boys. The research method used by the researcher was quasi-experimental with a non-equivalent control group design with a research instrument in the form of a checklist regarding early childhood science process skills. The results showed that experimental science-based learning had an influence on science process skills in early childhood. therefore, it can be used as a recommendation for future researchers to apply experimental-based science learning by increasing experimental activities in improving science process skills in early childhood. Keywords: Science Process Skills, Science Learning, Experimental Methods 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1501 Primary Education 
690 |a Q Science (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/35419/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/35419/