ANALISIS MOTIVASI INTRINSIK, MOTIVASI EKSTRINSIK, DAN AMOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji perbandingan motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, dan amotivasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani, serta mengetahui perbandingan motivasi olahraga yang dimiliki pada siswa laki-laki dan perempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Novia Anggraeni, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-04-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/35422/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03970 am a22002773u 4500
001 repoupi_35422
042 |a dc 
100 1 0 |a Novia Anggraeni, -  |e author 
245 0 0 |a ANALISIS MOTIVASI INTRINSIK, MOTIVASI EKSTRINSIK, DAN AMOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI 
260 |c 2018-04-29. 
500 |a http://repository.upi.edu/35422/7/S_JKR_1501869_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35422/2/S_JKR_1501869_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35422/3/S_JKR_1501869_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35422/4/S_JKR_1501869_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35422/5/S_JKR_1501869_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35422/6/S_JKR_1501869_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35422/1/S_JKR_1501869_Appendix.pdf 
520 |a Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji perbandingan motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, dan amotivasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani, serta mengetahui perbandingan motivasi olahraga yang dimiliki pada siswa laki-laki dan perempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik survey. Sampel yang digunakan sebanyak 298 siswa dengan menggunakan teknik selection random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket motivasi olahraga mengadopsi dari jurnal yang berjudul "French adaptation and validation of the Sport Motivation Scale-II (Echelle de Motivation dans les Sports-II)" oleh (Pelletier et al., 2017). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Friedman Test untuk membandingkan antara motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik dan amotivasi dan Mann-whitney U Test untuk membandingkan motivasi antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data, perbandingan motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik dan amotivasi diperoleh nilai sig = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak atau terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi intrinsik, motivasi ekstrisik, dan amotivasi dalam pembelajaran penjas. Sedangkan perbandingan motivasi yang dimiliki siswa laki-laki dan perempuan diperoleh nilai sig = 0,278 maka Ho diterima atau tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi yang dimiliki oleh siswa laki-laki dan siswa perempuan. The purpose of this study was is to test the comparison of intrinsic motivation, extrinsic motivation, and amotivation in physical education learning, and to compare the motivation of sports held by male and female students. This study uses descriptive quantitative research methods with survey techniques. The sample used was 298 students using selection random sampling technique. The instrument used in this study was a sports motivation questionnaire adopted from a journal entitled "French adaptation and validation of the Sport Motivation Scale-II (Echelle de Motivation dans les Sports-II)" by (Pelletier et al., 2017). The data analysis technique used in this study is Friedman Test to compare between intrinsic motivation, extrinsic motivation and motivation and the Mann-Whitney U Test to compare motivation between male and female students. Based on the results of data analysis and processing, the comparison of intrinsic motivation, extrinsic motivation and motivation was obtained sig = 0,000 <0,05, so Ho was rejected or there was a significant difference between intrinsic motivation, extreme motivation, and motivation in physical education. While the comparison of motivation of male and female students obtained sig = 0.278 then Ho is accepted or there is no significant difference between the motivation possessed by male students and female student. 
546 |a en 
690 |a GV Recreation Leisure 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/35422/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/35422/