ANALISIS POLA KONSTRUKSI PENGETAHUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI GELOMBANG MENGGUNAKAN TBLA (TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS) DI SALAH SATU SMP KOTA BANDUNG

Pendekatan konstruktivisme merupakan salah satu pembelajaran yang berpusat pada siswa dimana pengetahuan siswa merupakan hasil konstruksi siswa itu sendiri. Pandangan konstruktivisme sosial menganggap bahwa subjek individu dan bidang sosial sebagai tak terpisahkan. Tujuan dari penelitian ini adalah...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Dea Santika Rahayu, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-06-13.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/35489/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04362 am a22002893u 4500
001 repoupi_35489
042 |a dc 
100 1 0 |a Dea Santika Rahayu, -  |e author 
245 0 0 |a ANALISIS POLA KONSTRUKSI PENGETAHUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI GELOMBANG MENGGUNAKAN TBLA (TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS) DI SALAH SATU SMP KOTA BANDUNG 
260 |c 2019-06-13. 
500 |a http://repository.upi.edu/35489/1/T_IPA_1707726_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35489/2/T_IPA_1707726_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35489/3/T_IPA_1707726_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35489/4/T_IPA_1707726_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35489/5/T_IPA_1707726_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35489/6/T_IPA_1707726_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35489/7/T_IPA_1707726_Appendix.pdf 
520 |a Pendekatan konstruktivisme merupakan salah satu pembelajaran yang berpusat pada siswa dimana pengetahuan siswa merupakan hasil konstruksi siswa itu sendiri. Pandangan konstruktivisme sosial menganggap bahwa subjek individu dan bidang sosial sebagai tak terpisahkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap pola analisis konstruksi pengetahuan siswa dalam pembelajaran IPA pada materi gelombang menggunakan Transcript Based Lesson Analysis (TBLA). Penelitian ini melibatkan siswa dari Sekolah Menengah Pertama yang diajar oleh seorang guru IPA yang terbiasa mengikuti kegiatan Lesson Study. Kegiatan pembelajaran direkam audio dan video. Kemudian rekaman ditranskrip dan dianalisis. Analisis dialog terkait dengan konstruksi pengetahuan siswa dianalisis menggunakan TBLA yang membagi proses pembelajaran menjadi beberapa segmen. Hasil menunjukkan bahwa kecenderungan pola konstruksi pengetahuan siswa pada siklus 1 untuk setiap segmen pembelajaran yaitu segmen 1 (A,EL,J), segmen 2 (A,OR,EL), segmen 3 (A,I,OR), segmen 4 (A,I,AF) dan segmen 5 (A,I,AF), sedangkan kecenderungan pola konstruksi pengetahuan siswa pada siklus 2 untuk setiap segmen pembelajaran yaitu segmen 1 (A,EL,CO), segmen 2 (A,EX,EL), segmen 3 (A,EL,CO), segmen 4 (A,CO,EL), segmen 5 (Q,A,EL), segmen 6 (A,EL,CO), segmen 7 (A,OR,RE) dan segmen 8 (A,Q,EL). Selain itu terjadi pergeseran pola konstruksi pengetahuan siswa pada siklus 1 dengan kecenderungan responsive, informative, elaborative menjadi responsive, elaborative, interrogative yang terjadi pada siklus 2. Constructivism approach is one of the student-centered learning where student knowledge is the result of the construction of the students themselves. The view of social constructivism considers that individual subjects and social fields are inseparable. The purpose of this study was to reveal the pattern of analysis of the construction of students' knowledge in science learning on wave material using Transcript Based Lesson Analysis (TBLA). This study involved students from junior high schools taught by an science teacher who is accustomed to attending Lesson Study activities. Audio and video recorded learning activities. Then the recording is transcribed and analyzed. Dialogue analysis related to student knowledge construction was analyzed using TBLA which divided the learning process into several segments. The results show that the tendency of students' knowledge construction patterns in cycle 1 for each learning segment is segment 1 (A, EL, J), segment 2 (A, OR, EL), segment 3 (A, I, OR), segment 4 (A , I, AF) and segment 5 (A, I, AF), while the tendency of students' knowledge construction patterns in cycle 2 for each learning segment is segment 1 (A, EL, CO), segment 2 (A, EX, EL), segment 3 (A, EL, CO), segment 4 (A, CO, EL), segment 5 (Q, A, EL), segment 6 (A, EL, CO), segment 7 (A, OR, RE) and segment 8 (A, Q, EL). Besides that there was a shift in the pattern of construction of knowledge of students in cycle 1 with a tendency to be responsive, informative, elaborative to be responsive, elaborative, interrogative which occurred in cycle 2. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
690 |a Q Science (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/35489/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/35489/