PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR RENANG GAYA DADA (BERBASIS PERMAINAN) TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA OLAHRAGA

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran teknik dasar gaya dada berbasis permainan terhadap penurunan tingak kecemasan pada mahasiswa olahraga. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan desain penelitian The Randomized Pretest-Posttest Contro...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Febri, Fitria Wulandari (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-04-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/35513/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04101 am a22003253u 4500
001 repoupi_35513
042 |a dc 
100 1 0 |a Febri, Fitria Wulandari  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR RENANG GAYA DADA (BERBASIS PERMAINAN) TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA OLAHRAGA 
260 |c 2018-04-25. 
500 |a http://repository.upi.edu/35513/1/S_IKOR_1404066_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35513/2/S_IKOR_1404066_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35513/3/S_IKOR_1404066_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35513/4/S_IKOR_1404066_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35513/5/S_IKOR_1404066_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35513/6/S_IKOR_1404066_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35513/7/S_IKOR_1404066_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35513/8/S_IKOR_1404066_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35513/9/S_IKOR_1404066_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35513/10/S_IKOR_1404066_Appendix.pdf 
520 |a Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran teknik dasar gaya dada berbasis permainan terhadap penurunan tingak kecemasan pada mahasiswa olahraga. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan desain penelitian The Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang diadopsi dan dikembangkan dari Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Prodi Ilmu Keolahrgaan FPOK UPI angkatan 2017. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, karena dalam penelitian ini hanya membutuhkan sampel yang tidak bisa berenang karena cemas, dari 30 sampel dibagi kedalam 2 kelompok yaitu kelompok kontrol (yang tidak diberi treatment) dan kelompok eksperimen (yang diberi perlakuan). Teknik analisis data menggunakan Paired T-Test dan Independent sample T Test. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan berupa penurunan tingkat kecemasan yang terjadi pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilah signifikansi = 0.000. Maka dapat disimpulkan dengan pendekatan bermain dapat mengurangi tingkat derajat kecemasan pada mahasiswa olahraga dengan metode pembelajaran teknik dasar renang gaya dada. ;---In this study required learning methods to overcome the level of anxiety with the basic learning method of pool-based pool based game, the purpose of this study to determine the effect of basic learning techniques based on the style of the game on the reduction of anxiety levels in sports students. Methods in this experimental study, in this method using the research design The Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. The instrument used was a questionnaire that was adopted and developed from Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Participants in this study were students of Faculty of Sport and Health Sciences of Sport Science class of 2017. The sample determination in this study using purposive sampling technique because in this study only requires samples that can not swim because of anxiety, from 30 samples divided into 2 groups: control group and experimental group. Data analysis technique using Paired T-Test and Independent sample T Test. The results of this study indicate that there is a significant effect of decreased anxiety levels in the experimental group (treated with treatmment) and control group (untreated). This it can be concluded with the play approach can reduce the level of anxiety levels in the experimental group and the control group with the method of learning basic techniques of breaststroke pool. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a LB2300 Higher Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/35513/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/35513/