PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X DI SMK ICB BANDUNG

Penelitian ini dilakukan di SMK ICB Bandung. Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah belum optimalnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran kelas X di SMK ICB Bandung, hal ini dibuktikan dengan masih terdapat siswa yang belum memenuhi Kriteri...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Viena, Septiarini Setiawan (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-04-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/35563/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilakukan di SMK ICB Bandung. Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah belum optimalnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran kelas X di SMK ICB Bandung, hal ini dibuktikan dengan masih terdapat siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Manajemen kelas merupakan faktor yang diduga memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini mengkaji pengaruh manajemen kelas (X) terhadap hasil belajar siswa (Y). Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan nilai akhir siswa. Responden dalam penelitian ini berjumlah 99 siswa administrasi perkantoran kelas X di SMK ICB Bandung. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat efektifitas manajemen kelas pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran kelas X di SMK ICB Bandung berada pada kategori hampir efektif, (2) tingkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran kelas X di SMK ICB Bandung berada pada kategori sedang, (3) hasil analisis regresi menunjukkan bahwa manajemen kelas mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Tetapi, hasil belajar siswa tidak hanya dipengaruhi oleh manajemen kelas, terdapat faktor lain yang juga berpengaruh namun tidak diteliti. ;---This research was conducted in ICB Vocational School. The study problem of this research is the student learning outcomes of office administration subjects on grade X of ICB Vocational School Bandung which was not optimal, this problem was proven by several students who did not meet the Minimum Mastery Criteria of Office Administration subjects. Classroom management is one of the factor that affects the student learning outcomes. Therefore, this research will analyze how classroom management (X) affect student learning outcomes (Y). This research used survey method with collecting data techniques by using questionnaire and student's finale result. The respondents were 99 student's of Office Administration subject grade X in ICB Vocational School Bandung. Data were analyzed by using regression analysis techniques. The result of this research showed that: (1) The Management Skills on Office Administration subject grade X in ICB Vocational School Bandung was on the category of almost effective, (2) The student learning outcomes on Office Administration subject grade X in ICB Vocational School Bandung was on average category, (3) The result of regression analysis showed that Classroom Management have positive and significant result on student learning outcomes. However, the result of student learning outcomes was not just affected by Management Skills only, there are many factors that influenced the result but were not analyzed in this research.
Item Description:http://repository.upi.edu/35563/1/S_PKR_1405029_Title.pdf
http://repository.upi.edu/35563/2/S_PKR_1405029_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/35563/3/S_PKR_1405029_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/35563/4/S_PKR_1405029_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/35563/5/S_PKR_1405029_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/35563/6/S_PKR_1405029_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/35563/7/S_PKR_1405029_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/35563/8/S_PKR_1405029_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/35563/9/S_PKR_1405029_Bibliography.pdf