PENGGUNAAN APLIKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DIAGRAM KELISTRIKAN BODI KENDARAAN PADA PESERTA DIDIK SMK

ABSTRAK Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah mengenai rendahnya kemampuan siswa dalam membaca diagram yang berhubungan dengan kelistrikan. Rendahnya kemampuan membaca diagram kelistrikan bodi kendaraan ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya ketidakoptimalan proses pembel...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ghazi Humam Fauzan, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-06-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/35817/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:ABSTRAK Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah mengenai rendahnya kemampuan siswa dalam membaca diagram yang berhubungan dengan kelistrikan. Rendahnya kemampuan membaca diagram kelistrikan bodi kendaraan ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya ketidakoptimalan proses pembelajaran yang kurang memanfaatkan media pembelajaran sebagai sarana untuk memudahkan siswa dalam memahami pelajaran. Guna mengatasi keterbatasan media pembelajaran di sekolah, pemanfaatan aplikasi berbasis android diharapkan menjadi sebuah solusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi berbasis android tersebut secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan siswa SMK dalam membaca diagram kelistrikan bodi kendaraan ataukah tidak. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKRO 3 SMK Negeri 1 Cisarua yang sedang menempuh mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR) dengan desain eksperimen one group pre test-post test design, yaitu penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam membaca diagram kelistrikan bodi kendaraan sebesar 53,01%, dibuktikan dengan perbedaan rata-rata nilai pre test sebesar 46 dan post test sebesar 87. Diperkuat dengan hasil pengujian hipotesis yang menggunakan uji-t dengan thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 15,875, ttabel = 1.713) yang menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi berbasis android ini secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca diagram kelistrikan bodi kendaraan. Maka penggunaan aplikasi berbasis android tentang sistem kelistrikan bodi kendaraan dapat diterapkan oleh guru sebagai media untuk membantu dalam proses pembelajaran guna meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKKR secara umum dan kemampuan siswa dalam membaca diagram kelistrikan bodi kendaraan secara khusus. Kata kunci: aplikasi android, membaca diagram kelistrikan ABSTRACT Addresed issue in this reasearch is about the lack student's ability to read diagram that is related to electricity. The lack of student's ability to read vechile body electricity diagram is caused by many factors, one of them is an unoptimized learning process that is caused by the lack of learning media as a tool to make students understand the course in school. Android based application as a learning media is hoped to be the solution of this problem. The purpose of this reasearch is to find out if the android based application could significantly improve student's ability to read vechile body electricity diagram or not. Sample of this reasearch is XI grader TKRO 3 SMK Negeri 1 Cisarua on Light Vechile Electricity Maintenence (LVEM) course that is in process by the time reasearch is conducted. Reasearch design that is used in this experiment is 'one group pre test-post test design'. Which means the experiment being done upon one group that is choosen randomly. Reasearch result shows that there is improvement in student's ability to read vehicle's body electricity diagram for 53,01%, proven by the difference between pre test and post test average score. For the detail, pre test average score is 46, while post test average scre is 87. This result credibility is also supported by result of hypothesis test that uses test-t. With t-count has bigger value than t-table (t-count= 15,875, t table = 1.713). These result shows that android based application significatly improve students ability to read vehicle's body electricity diagram. This concludes that android based application about vehicle's body electricity diagram is applicable by teachers as a media to help learning process to improve student's study archivement on LVEM course in general and specifically in reading vehicle's body electricity diagram. Keywords: android application, reading electricity diagram
Item Description:http://repository.upi.edu/35817/1/S_TM_1500039_Title.pdf
http://repository.upi.edu/35817/2/S_TM_1500039_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/35817/3/S_TM_1500039_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/35817/4/S_TM_1500039_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/35817/5/S_TM_1500039_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/35817/6/S_TM_1500039_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/35817/7/S_TM_1500039_Appendix.pdf