ANALISIS LITERASI MATEMATIS KONTEN QUANTITY PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF : Penelitian terhadap Siswa SMP Negeri di Kota Bandung

Gaya belajar seseorang dipengaruhi oleh gaya kognitif yang dimillikinya, termasuk dalam hal ini gaya dalam memecahkan masalah matematika yang berkaitan dengan kehidupan nyata seperti pada soal PISA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran literasi matematis konten quantity siswa SMP berda...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Riski, Mustika (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-05-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/35831/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04346 am a22003373u 4500
001 repoupi_35831
042 |a dc 
100 1 0 |a Riski, Mustika  |e author 
245 0 0 |a ANALISIS LITERASI MATEMATIS KONTEN QUANTITY PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF : Penelitian terhadap Siswa SMP Negeri di Kota Bandung 
260 |c 2018-05-23. 
500 |a http://repository.upi.edu/35831/1/S_MAT_1404762_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35831/2/S_MAT_1404762_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35831/3/S_MAT_1404762_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35831/4/S_MAT_1404762_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35831/5/S_MAT_1404762_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35831/6/S_MAT_1404762_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35831/7/S_MAT_1404762_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35831/8/S_MAT_1404762_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35831/9/S_MAT_1404762_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35831/10/S_MAT_1404762_Appendix.pdf 
520 |a Gaya belajar seseorang dipengaruhi oleh gaya kognitif yang dimillikinya, termasuk dalam hal ini gaya dalam memecahkan masalah matematika yang berkaitan dengan kehidupan nyata seperti pada soal PISA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran literasi matematis konten quantity siswa SMP berdasarkan gaya kognitif, dan mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal model PISA konten quantity. Penelitian ini menggunakan metode campuran, yaitu kuantitatif deksriptif dan kualitaif naratif dengan strategi eksplanatoris sekuensial. Respondennya adalah 92 sampel siswa yang terdiri dari 18 siswa field independent dan 84 siswa field dependent dan berasal dari tiga SMP Negeri di Kota Bandung dengan Rayon Barat. Soal yang diteskan adalah soal esay model PISA sebanyak 6 buah dengan indikator menafsirkan (interpret), merumuskan (formulate), dan menggunakan (employ). Temuan yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) kemampuan literasi matematis siswa SMP di Kota Bandung dalam menyelesaikan soal model PISA konten quantity berada pada kategori kurang; (2) jika ditinjau berdasarkan gaya kognitif, capaian siswa FI konsisten lebih tinggi dibandingkan siswa FD pada setiap indikatornya, berbeda dengan siswa FI yang unggul pada indikator formulate, siswa FD unggul pada indikator interpret; (3) adapun berdasarkan 5 kesalahan menurut Newman, seluruh kesalahan terdapat dalam proses pengerjaan soal model PISA konten quantity dengan kesalahan pemahaman merupakan kesalahan terbanyak yang dilakukan siswa.;---A person's learning style is influenced by his cognitive styles, including in this case the style of solving real-life mathematical problems as in the case of PISA. This study aims to find out the description of mathematical literacy of SMP students' quantity content based on cognitive style, and to know the mistake made by students in doing PISA content quantity model question. This research uses mixed method, that is quantitative descriptive and narrative qualitative with sequential explanatory strategy. The respondents are 92 student samples consisting of 18 independent field students and 84 dependent field students and came from three SMP Bandung City with west rayon. The tested problem is about 6 models of PISA model with The result reports that: (1) the ability of mathematical literacy of junior high school students in Bandung in solving the PISA model of content quantity is in the less category; (2) If reviewed based on cognitive style, FI student outcomes are consistently higher than FD students on each indicator. Unlike FI students who excel on formulate indicators, FD students excel at interpret indicators; (3) As based on 5 errors according to Newman, all errors are in the process of working on the PISA model of content quantity with misunderstanding is the most mistakes made by students. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
690 |a Q Science (General) 
690 |a QA Mathematics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/35831/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/35831/