PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN LUDO HISTORY (DORY) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH : Penelitian Tindakan Kelas di XI IPS 3 SMAN 7 Bandung

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa sehingga berpengaruh pada kurangnya kemampuan siswa dalam memahami peristiwa sejarah dalam pembelajaran sejarah di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 7 Bandung. Tujuan utama dari penelitian ini...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nurul Hasanah Kusumah Dewi, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-05-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3592/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04407 am a22002893u 4500
001 repoupi_35902
042 |a dc 
100 1 0 |a Nurul Hasanah Kusumah Dewi, -  |e author 
245 0 0 |a PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN LUDO HISTORY (DORY) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH : Penelitian Tindakan Kelas di XI IPS 3 SMAN 7 Bandung 
260 |c 2019-05-27. 
500 |a http://repository.upi.edu/35902/7/S_SEJ_1504046_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35902/2/S_SEJ_1504046_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35902/3/S_SEJ_1504046_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35902/4/S_SEJ_1504046_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35902/5/S_SEJ_1504046_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35902/6/S_SEJ_1504046_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35902/1/S_SEJ_1504046_Appendix.pdf 
520 |a ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa sehingga berpengaruh pada kurangnya kemampuan siswa dalam memahami peristiwa sejarah dalam pembelajaran sejarah di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 7 Bandung. Tujuan utama dari penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran sejarah agar siswa dapat memahami peristiwa sejarah yang ditemui. Indikator pemahaman konsep yang diukur pada penelitian ini yaitu membaca sumber mengenai materi yang sedang dipelajari, mengenal konsep-konsep, menjelaskan konsep-konsep, memberikan contoh-contoh dari konsep, mengklasifikasikan konsep-konsep, dan menghubungkan konsep-konsep. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (act), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, perkembangan siswa dalam mencapai kriteria indikator pemahaman konsep yang telah ditentukan mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, hal ini dapat terlihat dari perolehan skor masing-masing indikator pada setiap siklusnya yang mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan keberhasilan dari penerapan media permainan Ludo History (Dory) dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Kemudian, jika melihat hasil penelitian yang dilakukan, media permainan Ludo History (Dory) dapat dijadikan suatu alternatif solusi untuk menghadapi masalah pembelajaran yang ditemukan di kelas. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), media permainan Ludo History (Dory), pemahaman konsep   ABSTRACT This research is concerned with the lack of student's conceptual comprehension which affects the ability of students to understand historical events when learning history in the classroom. This research is being conducted at eleven-grade Social Science 3 class Highschool 7 Bandung.Tthe main purpose of this research is to increase student's understanding of a concept of historyso that students can understanding historical events occurrences. The indicator to measure conceptual understanding in this research is to read the trusted source about the contents, knowing the concepts, explaining the concepts, analogizing the concepts, classifying the concepts, and connecting the concepts. This research uses the classroom action research designed by Kemmis and McTaggart which consists of four stages: planning, acts, observation and reflection. According to the data that has been analysed, there's an increase on every cycle in the student's development to reach the criteria of concept comprehension indicator, this can be seen by looking at the scores on every indicator in each cycle. Therefore, it shows the achievement when applying a game called "Ludo History" in increasing student's understanding of concept. Moreover, by looking at the results, the game Ludo History (Dory) can become one of the alternatives to learning problems in the classroom Keywords: Classroom action research, Ludo History (Dory), conceptual comprehension 
546 |a en 
690 |a D History (General) 
690 |a GV Recreation Leisure 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/35902/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3592/