PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKARYA BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA PRAKTIK ORIGAMI DI SMP NEGERI 3 LEMBANG

Permasalahan dalam penelitian ini berangkat dari peserta didik yang merasa kesulitan dalam mengikuti praktik pembuatan produk kerajinan origami pada mata pelajaran prakarya. Tujuan dari penelitian yaitu pembuatan media pembelajaran berbasis video tutorial pada praktik origami di SMP Ngeri 3 Lembang....

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Aulia Fadhilah Iskandar, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-05-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/35967/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02863 am a22002893u 4500
001 repoupi_35967
042 |a dc 
100 1 0 |a Aulia Fadhilah Iskandar, -  |e author 
245 0 0 |a PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKARYA BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA PRAKTIK ORIGAMI DI SMP NEGERI 3 LEMBANG 
260 |c 2019-05-24. 
500 |a http://repository.upi.edu/35967/1/S_PKK_1505795_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35967/2/S_PKK_1505795_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35967/3/S_PKK_1505795_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35967/4/S_PKK_1505795_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35967/5/S_PKK_1505795_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35967/6/S_PKK_1505795_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/35967/7/S_PKK_1505795_Appendix.pdf 
520 |a Permasalahan dalam penelitian ini berangkat dari peserta didik yang merasa kesulitan dalam mengikuti praktik pembuatan produk kerajinan origami pada mata pelajaran prakarya. Tujuan dari penelitian yaitu pembuatan media pembelajaran berbasis video tutorial pada praktik origami di SMP Ngeri 3 Lembang. Penelitian ini menggunakan metode Design and Development Research (DDR) dan menggunakan model Planning, Production, dan Evaluation (PPE). Temuan dari analisis kebutuhan penelitian digunakan sebagai acuan untuk pembuatan video tutorial yang di awali dengan perancangan materi origami, identitas naskah, sinopsis, treatment, skenario dan storyboard. Tahap produksi terdiri dari dua tahap yaitu tahap pembuatan video tutorial, dan tahap pembuatan aplikasi flash sebagai penunjang video tutorial yang dapat memudahkan penyampaian materi. Keunggulan dari media pembelajaran berbasis video tutorial adalah dapat menerangkan praktik origami secara detail tahap demi tahap dan terbimbing. Validator penelitian terdiri dari ahli materi prakarya dan ahli media pembelajaran. Temuan penelitian setelah dilakukan expert judgment bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial pada produksi origami berikut dari segi materi maupun struktur media dinyatakan sangat layak, selanjutnya media ini diproduksi dalam bentuk hardware compact diskt (CD). Rekomendasi ditampilkan kepada sekolah untuk menyediakan fasilitas untuk penggunaan media pembelajaran berbasis video tutorial pada praktik origami, dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melanjutkan penelitian pada tahap implementasi untuk menguji efektifitas penggunaan video tutorial terhadap keterampilan peserta didik. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
690 |a TT Handicrafts Arts and crafts 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/35967/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/35967/