PENGARUH TASK COMMITMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DENGAN SOSIAL EKONOMI KELUARGA SEBAGAI VARIABEL MODERATOR : Survei pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri di Kecamatan Lembang dan Parongpong

ABSTRAK Dinni Septiyani (1500477), Pengaruh Task Commitment terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi dengan Sosial Ekonomi Keluarga sebagai Variabel Moderator (Survei pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri di Kecamatan Lembang dan Parongpong) dibawah bimbingan Dr. Kusnendi, MS dan Dr. A....

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Dinni Septiyani, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-05-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3614/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:ABSTRAK Dinni Septiyani (1500477), Pengaruh Task Commitment terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi dengan Sosial Ekonomi Keluarga sebagai Variabel Moderator (Survei pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri di Kecamatan Lembang dan Parongpong) dibawah bimbingan Dr. Kusnendi, MS dan Dr. A. Jajang W. Mahri, M.Si. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya siswa yang memeroleh hasil belajar di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh task commitment terhadap hasil belajar siswa, pengaruh sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa, dan interaksi antara task commitment dengan sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey eksplanatori dengan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Kecamatan Lembang dan Parongpong yaitu sebanyak 443 siswa dengan menggunakan teknik sampel random sampling, diperoleh sampel sebanyak 210 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu hierarchical regression. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) task commitment berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, (2) sosial ekonomi keluarga berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, (3) sosial ekonomi keluarga memoderasi pengaruh positif task commitment terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Task Commitment, Sosial Ekonomi Keluarga, Hasil Belajar.   ABSTRACT Dinni Septiyani (1500477), The Influence of Task Commitment towards Student Learning Outcomes in Economics Subject with Family Social Economic as Moderator Variable (Survey on Students of Social Class XI from Lembang and Parongpong Public High Schools) under guidance of Dr. Kusnendi, MS and Dr. A. Jajang W. Mahri, M.Si. The background in this study is that there are still many students who obtain learning outcomes under the KKM. The aim of this research is knowing the effect of task commitment towards student learning outcomes, the effect of family social economic towards student learning outcomes, and the interaction between task commitment and family social economic to student learning outcomes on economics subject. The method used in this research is explanatory research using questionnaire as data collecting tool. The population is the entirety of students of social class XI from Lembang and Parongpong public high schools, which are 443 students. Using the technique of random sampling, it is obtained samples as much 210 students. Data analysis technique used is hierarchical regression. The result of this research shows that: (1) task commitment positively takes effect student learning outcomes, (2) family social economic positively takes effect to student learning outcomes, (3) family social economic moderates positive effect of task commitment to student learning outcomes. Keywords: Task Commitment, Family Social Economic, Learning Outcomes.
Item Description:http://repository.upi.edu/36014/1/S_PEK_1500477_Title.pdf
http://repository.upi.edu/36014/2/S_PEK_1500477_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/36014/3/S_PEK_1500477_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/36014/4/S_PEK_1500477_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/36014/5/S_PEK_1500477_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/36014/6/S_PEK_1500477_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/36014/7/S_PEK_1500477_Appendix.pdf