PEMETAAN DAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DI KABUPATEN BANDUNG

ABSTRAK PEMETAAN DAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DI KABUPATEN BANDUNG Oleh : R.Fadlilah, E.Ningrum, L.Somantri Kabupaten Bandung mempunyai lingkungan alam yang potensial sebagai sumber belajar geografi. Potensi tersebut perlu diidentifikasi persebaran, serta kesesuaia...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rizqi Fadlilah, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-05-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3619/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05194 am a22002773u 4500
001 repoupi_36109
042 |a dc 
100 1 0 |a Rizqi Fadlilah, -  |e author 
245 0 0 |a PEMETAAN DAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DI KABUPATEN BANDUNG 
260 |c 2017-05-24. 
500 |a http://repository.upi.edu/36109/1/S_S_GEO_1101746_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36109/3/S_S_GEO_1101746_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36109/4/S_S_GEO_1101746_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36109/5/S_S_GEO_1101746_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36109/6/S_S_GEO_1101746_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36109/7/S_S_GEO_1101746_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36109/2/S_S_GEO_1101746_Appendix.pdf 
520 |a ABSTRAK PEMETAAN DAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DI KABUPATEN BANDUNG Oleh : R.Fadlilah, E.Ningrum, L.Somantri Kabupaten Bandung mempunyai lingkungan alam yang potensial sebagai sumber belajar geografi. Potensi tersebut perlu diidentifikasi persebaran, serta kesesuaian dengan materi dan tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengidentifikasi lingkungan alam yang dapat dijadikan sumber belajar geografi; 2) memetakan persebaran lingkungan alam sebagai sumber belajar geografi di Kabupaten Bandung; 3) pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar oleh guru geografi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan populasi meliputi semua guru geografi SMA Negeri di Kabupaten Bandung serta menggunakan sampel jenuh. Variabel penelitian terdiri dari lingkungan alam sebagai variabel bebas dan karakteristik sumber belajar, pemanfaatan sumber belajar dan pemetaan sumber belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengambilan data menggunakan dokumentasi, observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa., 1) Lingkungan alam yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar geografi di Kabupaten Bandung yaitu Tebing Baleendah, Situ Patengan, Situ Cileunca, Situ Cisanti, Hutan Pinus, Kebun Teh, Fauna (Rusa, Monyet, dan Burung), Tanah Andosol Pangalengan, Tanah Andosol Ciwidey, Gunung Patuha, Perbukitan Ibun, Suhu Udara Kabupaten Bandung, Kelembaban Udara Kabupaten Bandung dan Curah Hujan Kabupaten Bandung., 2) Persebaran lingkungan alam sebagai sumber belajar geografi di Kabupaten Bandung tersebar di 8 kecamatan., 3) Pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar oleh guru geografi diantaranya dilakukan dengan cara pengamatan tidak langsung, sedangkan yang lainnya dilakukan dengan cara membawa kelas kedalam lingkungan, analisis lingkungan, memanfaatkan dunia maya, dan mengadakan pameran kelas. Kata Kunci: lingkungan alam, pemetaan, sumber belajar. ABSTRACT MAPPING AND UTILIZATION OF NATURAL ENVIRONMENT AS A GEOGRAPHIC LEARNING RESOURCES IN BANDUNG REGENCY By: R.Fadlilah, E.Ningrum, L.Somantri Bandung Regency has a potential natural environment as a source of learning geography. These potentials need to be identified by distribution, as well as conformity with the material and learning objectives. The purpose of this research is, 1) identifying natural environment that can be used as a source of learning geography 2) mapping the distribution of natural environment as a source of geography learning in Bandung regency, 3) utilization of the natural environment as a learning resource by geography teacher. The method of this research is descriptive method with population covering all geography teacher of SMA Negeri in Regency Bandung and use saturated sample. The research variables are the natural environment as independent variables, as well as the characteristics of learning resources, the utilization of learning resources and the mapping of learning resources as dependent variables. The research instrument used documentation, observation and questionnaire with data analysis technique using percentage analysis. The results showed that., 1) Natural environment that can be used as a source of learning geography in Bandung regency is Baleendah Cliff, Situ Patengan, Situ Cileunca, Situ Cisanti, Pine Forest, Tea Garden, Fauna (Deer, Monkey, and Bird), Andosol Land Pangalengan, Andosol Land Ciwidey, Patuha Mountain, Ibun Hills, Air Temperature Bandung Regency, Air Humidity Bandung Regency and rainfall Bandung Regency., 2) Distribution of the natural environment as a learning resource geography in Bandung regency spread in 8 districts., 3) The utilization of the natural environment as a source of learning by geography teachers is less than half done by indirect observation, while a small part is done by bringing the class into the environment, environmental analysis, utilizing the virtual world, and exhibit the class. Keywords: natural environment, mapping, learning resources .. 
546 |a en 
690 |a G Geography (General) 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/36109/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3619/