PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK SANGKURIANG 1 CIMAHI

Penelitian ini dilakukan di SMK Sangkuriang 1 Cimahi. Masalah yang menjadi kajian dalam penelitian mengenai minat belajar siswa. Inti kajian difokuskan pada salah satu faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa yaitu fasilitas belajar khususnya pada mata pelajaran produktif kelas X Administrasi Pe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nurdini Khoeriyah, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-05-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/36167/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03964 am a22003253u 4500
001 repoupi_36167
042 |a dc 
100 1 0 |a Nurdini Khoeriyah, -  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK SANGKURIANG 1 CIMAHI 
260 |c 2018-05-28. 
500 |a http://repository.upi.edu/36167/1/S_PKR_1405421_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36167/2/S_PKR_1405421_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36167/3/S_PKR_1405421_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36167/4/S_PKR_1405421_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36167/5/S_PKR_1405421_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36167/6/S_PKR_1405421_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36167/7/S_PKR_1405421_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36167/8/S_PKR_1405421_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36167/9/S_PKR_1405421_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36167/10/S_PKR_1405421_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilakukan di SMK Sangkuriang 1 Cimahi. Masalah yang menjadi kajian dalam penelitian mengenai minat belajar siswa. Inti kajian difokuskan pada salah satu faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa yaitu fasilitas belajar khususnya pada mata pelajaran produktif kelas X Administrasi Perkantoran. Berdasarkan hal tersebut, pokok masalah yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah sejauh mana pengaruh fasilitas belajar terhadap minat belajar siswa. Responden dalam penelitian ini berjumlah 91 siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Sangkuriang 1 Cimahi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey eksplanasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket model rating scale yang dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan informasi yang menunjukkan bahwa (1) fasilitas belajar berada pada kategori cukup, (2) minat belajar siswa berada pada kategori sedang, (3) fasilitas belajar berpengaruh dan signifikan terhadap minat belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Sangkuriang 1 Cimahi. Cara meningkatkan minat belajar siswa, maka sekolah dapat menyediakan fasilitas belajar yang memadai dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. ;---The research was conducted at SMK Sangkuriang 1 Cimahi. The problem under research was students' interest in learning. In particular, the research focuses on one of the factors that affect students' learning interest, namely learning facilities, especially in the productive subject of the tenth grade Office Administration Program. Thus, the main problem in this research is the extent to which learning facilities influence students' learning interest. The respondents in this research consisted of 91 tenth grade students of Office Administration Program at SMK Sangkuriang 1 Cimahi. The research employed the explanatory survey method. Data were collected using a rating scale questionnaire that was analyzed with simple regression. Based on the results of the research, it is found that: (1) Learning facilities were in the category of "adequate"; (2) Students' learning interest was in the medium category; and (3) learning facilities had significant influence on the learning interest of the tenth grade students of Office Administration Program at SMK Sangkuriang 1 Cimahi. To increase students' learning interest, the school can provide adequate learning facilities in accordance with the standards. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/36167/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/36167/