MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO "HURUF HIJAIYAH BERSAMA DIVA"

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak kelompok A RA Al-Amanah masih belum sesuai dengan target keberhasilan yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh gambaran mengenai peningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah...

Ausführliche Beschreibung

Gespeichert in:
Bibliographische Detailangaben
1. Verfasser: Estu Eka Budiutami, - (VerfasserIn)
Format: Academic Paper
Veröffentlicht: 2018-05-28.
Schlagworte:
Online Zugang:http://repository.upi.edu/36229/
Tags: Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
LEADER 04387 am a22003133u 4500
001 repoupi_36229
042 |a dc 
100 1 0 |a Estu Eka Budiutami, -  |e author 
245 0 0 |a MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO "HURUF HIJAIYAH BERSAMA DIVA" 
260 |c 2018-05-28. 
500 |a http://repository.upi.edu/36229/1/S_PAUD_1401250_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36229/2/S_PAUD_1401250_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36229/3/S_PAUD_1401250_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36229/4/S_PAUD_1401250_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36229/5/S_PAUD_1401250_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36229/6/S_PAUD_1401250_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36229/7/S_PAUD_1401250_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36229/8/S_PAUD_1401250_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36229/9/S_PAUD_1401250_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36229/10/S_PAUD_1401250_Appendix.pdf 
520 |a Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak kelompok A RA Al-Amanah masih belum sesuai dengan target keberhasilan yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh gambaran mengenai peningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui media video "Huruf Hijaiyah bersama Diva". Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelompok A RA Al-Amanah yang berjumlah 8 anak. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa deskriptif kuantitatif. Kondisi awal kemampuan membaca huruf hijaiyah anak sebelum diberi tindakan yang berada pada kategori Kurang (K) sangat mendominasi dibandingkan kategori Baik (B) dan Cukup (C) yang jumlahnya sangat sedikit. Namun berdasarkan hasil observasi setelah diterapkannya media video "Huruf Hijaiyah bersama Diva" kemampuan anak dalam membaca huruf hijaiyah meningkat. Pada siklus pertama adanya peningkatan pada kategori Baik (B) dan Cukup (C), sedangkan kategori Kurang (K) menurun. Pada siklus dua mengalami peningkatan yang signifikan kategori Baik (B) lebih mendominasi dibandingkan kategori Cukup (C), dan kategori Kurang (K) sudah tidak ada. Rekomendasi bagi guru yaitu media video "Huruf Hijaiyah bersama Diva" dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak usia dini.;---The issue behind this research is the children's ability in reading hijaiyah letters in group A of RA Al-Amanah is still not accordance with the target of success. This research aims to get the depiction of the enhancement of the ability in reading hijaiyah letters through video "Huruf Hijaiyah bersama Diva" as a medium. There are eight children from group A of RA Al-Amanah as a subject of this research. This research uses Classroom Action Research design which consist of two cycles; by using interview, observation, and documentation as data collecting technique. A data analysis technique that is used is qualitative descriptive. The initial condition of children's ability in reading hijaiyah before being given an action is: Kurang (K) is dominating rather than Baik (B), and the amount of Cukup (C) is very little. However, based on the observation after the implementation of video "Huruf Hijaiyah Bersama Diva", children's ability in reading hijaiyah letters improved. In the first cycle, there are significant improvements on category Baik (B) and Cukup (C), while Kurang (K) decreased. In the second cycle, there are significant improvements, Baik (B) is more dominating rather than Cukup (C), and there is no more Kurang (K). The recommendation for the teachers is the implementation of video "Huruf Hijaiyah Bersama Diva" as a medium of teaching can serve as an alternative to enhance the ability of reading hijaiyah letter for early childhood. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/36229/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/36229/