PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA KELAS X : Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas x di SMA Kartika XIX-2 Bandung

Dalam rangka meningkatkan rasa Tanggung Jawab siswa terutama siswa kelas x dalam pembelajaran pendidikan jasmani diperlukan model pembelajaran yang harus diterapkan oleh seorang pengajar. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model cooperative learning tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ratih Murniati, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-04-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/36251/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Dalam rangka meningkatkan rasa Tanggung Jawab siswa terutama siswa kelas x dalam pembelajaran pendidikan jasmani diperlukan model pembelajaran yang harus diterapkan oleh seorang pengajar. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model cooperative learning tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model cooperative learning tipe STAD untuk meningkatkan Tanggung Jawab siswa pada siswa kelas x dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas x di SMA Kartika XIX-2 Bandung yang mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak menggunakan teknik random sampling sebanyak 32 siswa yang dibagi ke dalam dua kelompok (eksperimen dan kontrol). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kuesioner (Angket). Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data didapat hasil pengujian reliabilitas nilai tingkat keandalannya sebesar (0,891) dapat dikatakan nilai keandalan dapat dikatakan Sangat Andal. Kemudian dari perhitungan uji signifikansi yaitu (0,147 ≥ 0,05) hal ini nilai signifikansi (Sig.) berada pada daerah penolakan Ho, jadi Ho ditolak dan H1 diterima, yang artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari model cooperative learning tipe STAD untuk meningkatkan tanggung jawab siswa kelas X yang mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SMA Kartika XIX-2 Bandung. Hasil pengujian menunjukan bahwa hipotesis tidak dapat diterima atau tidak teruji. ..... In order to increase the sense of responsibility of students, especially students of class X in learning the necessary physical education learning model that should be applied by a teacher. One model that can be used is the model cooperative type STADlearning.This study aims to determine the implementation ofmodel of cooperative learning STAD to improve Responsibilities students in class X in pembelajran physical education. The method used in this research is the experimental method. The population in this study were students of class X SMA Kartika XIX-2 Bandung are following study physical education 2017/2018 school year. Samples were taken at random using a random sampling of 32 students who were divided into two groups (experimental and control). The research instrument used was a test questionnaire (Questionnaire). Based on the results of data analysis and processing reliability test results obtained reliability level value of (0.891) can be said to value the reliability can be said to be Very Reliable. Then from the calculation of the significance test that is (0.147 ≥ 0.05) this is the significance value (Sig.) Is in the region of rejection Ho, so Ho rejected and H1 accepted, which means there is no significant influence of the model cooperative learning type STADto improve responsibility for the class X that follows the teaching of physical education in high school Kartika XIX-2 Bandung. The test results showed that the hypothesis can not be accepted or not tested.
Item Description:http://repository.upi.edu/36251/1/S_JKR_1400360_Title.pdf
http://repository.upi.edu/36251/2/S_JKR_1400360_Tabel_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/36251/3/S_JKR_1400360_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/36251/4/S_JKR_1400360_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/36251/5/S_JKR_1400360_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/36251/6/S_JKR_1400360_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/36251/7/S_JKR_1400360_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/36251/8/S_JKR_1400360_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/36251/9/S_JKR_1400360_Biliography.pdf
http://repository.upi.edu/36251/10/S_JKR_1400360_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/36251/11/S_JKR_1400360_Appendix2.pdf