PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MUTU PROSES PEMBELAJARAN KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK SANGKURIANG 1 CIMAHI

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar terhadap mutu proses pembelajaran kelas XI pada program keahlian administrasi perkantoran di SMK Sangkuriang 1 Cimahi. Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah masih rendahnya m...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ayu Sekarini, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-05-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3631/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar terhadap mutu proses pembelajaran kelas XI pada program keahlian administrasi perkantoran di SMK Sangkuriang 1 Cimahi. Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah masih rendahnya mutu proses pembelajaran pada program keahlian administrasi perkantoran di SMK Sangkuriang 1 Cimahi. Kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar merupakan faktor yang diduga memiliki pengaruh terhadap mutu proses pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini memfokus kajian mengenai pengaruh kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar terhadap mutu proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Data dikumpulkan dengan menyebarkan angket pada 78 kelas XI pada program keahlian administrasi perkantoran di SMK Sangkuriang 1 Cimahi yang diambil sebagai populasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap mutu proses pembelajaran. Oleh karena itu, mutu proses pembelajaran tidak hanya dipengaruhi oleh kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar, terdapat faktor lain yang juga berpengaruh namun tidak diteliti. ..... This research aims to analyze the effect of pedagogic competence of teachers and learning facilities in the quality of learning process of XI secretarial program class in SMK Sangkuriang 1 Cimahi. The problem in this research is the low quality of learning process in the secretarial program in SMK Sangkuriang 1 Cimahi. Pedagogic competence of teachers and learning facilities are assumed to have an effect on the learning process. Therefore, this research focused on the effect of pedagogic competence of teachers and learning facilities in the quality of learning process. The method which used in this research is survey method. In addition, the research data collected by spread out questioner to 78 XI class of secretarial program in SMK Sangkuriang 1 Cimahi as population. Also, the data analysis technique used multiple regression analysis. Furthermore, the result showed that the pedagogic competence of teachers and learning facilities have a positive and significant effect in the quality of learning process. Hence, the quality of learning process not only effect by the pedagogic competence of teachers and learning facilities but also there are other factors which not researched.
Item Description:http://repository.upi.edu/36301/1/S_PKR_1400190_Title.pdf
http://repository.upi.edu/36301/2/S_PKR_1400190_Tabel_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/36301/3/S_PKR_1400190_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/36301/4/S_PKR_1400190_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/36301/5/S_PKR_1400190_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/36301/6/S_PKR_1400190_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/36301/7/S_PKR_1400190_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/36301/8/S_PKR_1400190_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/36301/9/S_PKR_1400190_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/36301/10/S_PKR_1400190_Appendix.pdf