PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK PASUNDAN 3 BANDUNG

Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah belum optimalnya prestasi belajar siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran pada Mata Pelajaran Kearsipan di SMK Pasundan 3 Bandung. Fokus kajian dalam penelitian ini diarahkan pada faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi be...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Linda Roudhotus Syarifah, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-05-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3633/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah belum optimalnya prestasi belajar siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran pada Mata Pelajaran Kearsipan di SMK Pasundan 3 Bandung. Fokus kajian dalam penelitian ini diarahkan pada faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Motivasi belajar dan Lingkungan belajar merupakan faktor yang memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji tiga variabel yaitu variabel motivasi belajar, lingkungan belajar dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode explanatory survey yaitu metode untuk menjelaskan pengaruh antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang disebarkan kepada 70 orang responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa gambaran motivasi belajar berada pada kategori Cukup, gambaran lingkungan belajar berada pada kategori baik, dan prestasi belajar siswa berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis regresi, diperoleh hasil bahwa motivasi belajar dan lingkungan belajar baik secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Motivasi belajar dapat meningkat dengan cara siswa lebih memperbanyak frekuensi belajarnya, serta lingkungan belajar yang baik didukung dengan sarana dan fasilitas yang lengkap. Kedua hal tersebut akan berpengaruh pada peningkatan prestasi belajar siswa. ;---The problem under research is the less than optimal learning achievements of the tenth grade students of Office Administration Expertise Program in Archival Subject at SMK Pasundan 3 Bandung. The research focuses on the factors that affect students' learning achievements, namely learning motivation and learning environment. Therefore, this research examines three variables, which are learning motivation, learning environment, and learning achievements. This research used explanatory survey method, which is a method to explain the influence between variables through hypothesis testing. The data collection technique used was questionnaire distributed to 70 respondents. The data analysis technique used was regression analysis. The result of data analysis shows that the learning motivation was in the category of "Fair", the learning environment in "Good" category, and student achievements in "medium" category. Based on the results of regression analysis, it is found that learning motivation and learning environment both partially and simultaneously had positive and significant influence on students' learning achievements. Learning motivation can be increased by increasing students' learning frequency, as well as providing good learning environment supported by adequate facilities and infrastructure. Both of these will affect the improvement of students' learning achievement.
Item Description:http://repository.upi.edu/36303/1/S_PKR_1405216_Title.pdf
http://repository.upi.edu/36303/2/S_PKR_1405216_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/36303/3/S_PKR_1405216_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/36303/4/S_PKR_1405216_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/36303/5/S_PKR_1405216_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/36303/6/S_PKR_1405216_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/36303/7/S_PKR_1405216_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/36303/8/S_PKR_1405216_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/36303/9/S_PKR_1405216_Bibliography.pdf