PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa kelas III, siswa hanya mengobrol, dan bermain kartu saat pembelajaran berlangsung, guru juga kurang menggunakan model pembelajaran yang variatif sehingga siswa cenderung asik sendiri. Adapun presentase yang menunjukkan aktivitas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ninda Fannyasti Pratiwi, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-09.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/36451/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03182 am a22003133u 4500
001 repoupi_36451
042 |a dc 
100 1 0 |a Ninda Fannyasti Pratiwi, -  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR 
260 |c 2018-08-09. 
500 |a http://repository.upi.edu/36451/1/S_PGSD_1401646_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36451/2/S_PGSD_1401646_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36451/3/S_PGSD_1401646_Table_Of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36451/4/S_PGSD_1401646_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36451/5/S_PGSD_1401646_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36451/6/S_PGSD_1401646_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36451/7/S_PGSD_1401646_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36451/8/S_PGSD_1401646_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36451/9/S_PGSD_1401646_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36451/10/S_PGSD_1401646_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa kelas III, siswa hanya mengobrol, dan bermain kartu saat pembelajaran berlangsung, guru juga kurang menggunakan model pembelajaran yang variatif sehingga siswa cenderung asik sendiri. Adapun presentase yang menunjukkan aktivitas belajar siswa di dalam kelas yaitu, sebanyak 20% siswa yang aktif untuk bertanya dan mengemukakan pendapatnya, sedangkan 80% siswa tidak aktif saat proses pembelajaran dan hanya melakukan aktivitasnya masing-masing seperti bermain kartu dan mengobrol, dari keseluruhan siswa yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas III di salah satu SDN Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan aktifitas belajar siswa dengan menerapkan pendekatan PAKEM. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Taggart dengan dua siklus. setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yaitu siswa yang mendapatkan skor aktivitas belajar dalam kategori amat baik pada siklus I 33% sedangkan siklus II 72%, siswa yang mendapatkan kategori baik pada siklus I 29% sedangkan siklus II 14%, siswa yang mendapatkan kategori cukup pada siklus I 24% sedangkan siklus II 14%, dan siswa yang mendapatkan kategori perlu bimbingan di siklus I 14% sedangkan di siklus II tidak ada. Pada siklus I ketuntasan aktivitas belajar siswa mencapai 62% dan meningkat pada siklus II menjadi 86%. Rata- rata aktivitas belajar siswa kelas III pada siklus I meningkat pada siklus II yaitu 72% menjadi 90%. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan pendekatan PAKEM dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/36451/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/36451/