MENEMUKAN LUAS DAERAH SEGITIGA DAN SEGIEMPAT: STUDI FENOMENOLOGI DI SEKOLAH DASAR

Tujuan utama penelitian ini adalah mengembangkan desain didaktis baru yang dapat mengoptimalkan perkembangan kemampuan siswa, khususnya pada materi luas daerah segitiga dan segiempat. Desain didaktis yang berhasil dikembangkan terdiri dari tiga pertemuan yang diperoleh melalui tiga tahap formal yang...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Wahyuni, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-13.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/36458/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan utama penelitian ini adalah mengembangkan desain didaktis baru yang dapat mengoptimalkan perkembangan kemampuan siswa, khususnya pada materi luas daerah segitiga dan segiempat. Desain didaktis yang berhasil dikembangkan terdiri dari tiga pertemuan yang diperoleh melalui tiga tahap formal yang dilakukan penulis selama proses penelitian, yaitu analisis situasi didaktis sebelum pembelajaran berupa desain didaktis hipotetik termasuk ADP, analisis metapedadidaktik yang merupakan tahap implementasi desain didaktis hipotetik, dan analisis retrospektif berupa analisis yang mengaitkan hasil analisis situasi didaktis hipotetik dengan hasil analisis metapedadidaktik yang digunakan untuk merumuskan desain didaktis alternatif. Penyusunan desain didaktis hipotetik didahului dengan studi fenomenologi pembelajaran luas daerah segitiga dan segiempat yang meliputi analisis hasil wawancara dan uji coba soal di salah satu sekolah dasar negeri di kota Bandung dengan melibatkan 72 siswa kelas VI, studi terhadap penelitian yang relevan, survey terhadap buku teks pelajaran matematika sekolah, analisis teoritis dan repersonalisasi. Tidak menutup kemungkinan bahwa desain didaktis alternatif yang dihasilkan dalam penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut melalui tiga tahap formal yang sama.
Item Description:http://repository.upi.edu/36458/1/T_PD_1604807_Title.pdf
http://repository.upi.edu/36458/2/T_PD_1604807_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/36458/3/T_PD_1604807_Table_Of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/36458/4/T_PD_1604807_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/36458/5/T_PD_1604807_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/36458/6/T_PD_1604807_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/36458/7/T_PD_1604807_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/36458/8/T_PD_1604807_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/36458/9/T_PD_1604807_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/36458/10/T_PD_1604807_Appendix.pdf