PENGARUH DISIPLIN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK PGRI 2 CIMAHI

Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 2 Cimahi, Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah belum optimalnya hasil belajar siswa kelas XI pada Mata Pelajaran Kearsipan di SMK PGRI 2 Cimahi. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu Disiplin, Kemandirian Belajar Siswa dan Hasil Belajar...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Anzela Puspita Dewi, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-05-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3652/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 2 Cimahi, Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah belum optimalnya hasil belajar siswa kelas XI pada Mata Pelajaran Kearsipan di SMK PGRI 2 Cimahi. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu Disiplin, Kemandirian Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat disiplin, tingkat kemandirian belajar siswa dan tingkat hasil belajar siswa. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin dan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Kearsipan di SMK PGRI 2 Cimahi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Ukuran populasi dalam penelitian ini sebanyak 116 responden. Responden pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Cimahi yang terdiri dari kelas XI AP 1, XI AP 2 dan XI AP 3. Data yang digunakan dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan regresi ganda. Berdasarkan hasil analisis didapatkan gambaran disiplin berada pada kategori tinggi, dan gambaran kemandirian belajar siswa berada pada kategori Cukup tinggi dan gambaran hasil belajar siswa berada pada kategori Cukup tinggi. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa Disiplin (X1) dan Kemandirian belajar siswa (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Kearsipan. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan agar guru dapat membantu siswa untuk meningkatkan disiplin dan kemandirian belajar, agar hasil belajar yang diperoleh siswa dapat tercapai secara optimal.;---This research was conducted at SMK PGRI 2 Cimahi, the problem which is studied on this research is about the result of learning from the students of XI class in Archives Subject which is not yet statisfying. This study consists of three variables such as discipline, students independent learning and students learning outcome. The aim of this research is to find out the description of the discipline level, the student learning independence level and student's learning outcomes level. In addition, the aim of this research is to find out the influence of discipline and student's learning independence regarding student's learning outcomes of archives subject in PGRI 2 Vocation High School Cimahi. This research is using descriptive method with some data collection technique such as questionnaire. The are 116 respondents who are participating on this research. The respondents in this study are students from XI administration office class at PGRI 2 Vocation High School Cimahi (class of XI AP 1, XI AP 2 and XI AP 3). The data that used on this research were analyzed by using multiple regression. Based on the results of the analysis which was obtained, the students discipline has the high score category, independence in learning and the learnings outcome are is in the enough high score category. The resulth of hypothesis test are as following: discipline (X1) and independent learning (X2) have positive and significant effect on students learning outcome in archival subject. Therefore, this research suggests that teachers could help students in improving their discipline independency in learning, so that the students learning outcome could be achieved optimally.
Item Description:http://repository.upi.edu/36502/1/S_PKR_1400622_Title.pdf
http://repository.upi.edu/36502/2/S_PKR_1400622_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/36502/3/S_PKR_1400622_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/36502/4/S_PKR_1400622_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/36502/5/S_PKR_1400622_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/36502/6/S_PKR_1400622_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/36502/7/S_PKR_1400622_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/36502/8/S_PKR_1400622_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/36502/9/S_PKR_1400622_Bibliography.pdf