PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING DAN PEMODELANNYA : Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII-DSMP Negeri 30 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan tentang rendahnya kemampuan siswa dalam menelaah unsur-unsur puisi di kelas VIII D SMPN 30 Bandung. Siswa tidak bisa memahami apa yang tersirat dalam puisi sesuai dengan struktur puisi. Tindakan yang dipilih untuk mengatasi permasalahan tersebut yait...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Intan Zahirah Mukarromah, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-07-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/36512/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan tentang rendahnya kemampuan siswa dalam menelaah unsur-unsur puisi di kelas VIII D SMPN 30 Bandung. Siswa tidak bisa memahami apa yang tersirat dalam puisi sesuai dengan struktur puisi. Tindakan yang dipilih untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu menggunakan Teknik Mind Mapping dan Pemodelannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana perencanaan pembelajaran menelaah unsur-unsur puisi menggunakan teknik mind mapping dan pemodelannya di kelas VIII D SMPN 30 Bandung?; (2) bagaimana proses pembelajaran menelaah unsur-unsur puisi menggunakan teknik mind mapping dan pemodelannya di kelas VIII D SMPN 30 Bandung?; dan (3) bagaimana hasil peningkatan kemampuan menelaah unsur-unsur puisi menggunakan teknik mind mapping dan pemodelannya pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 30? Penelitian ini bertujuan agar siswa memiliki kemampuan menelaah unsur-unsur puisi sesuai dengan struktur fisik dan batin puisi sehingga siswa dapat memahami pesan yang tersirat dalam puisi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, lembar observasi, jurnal siswa, angket, pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan kategorisasi data dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan teknik Mind Mapping dan Pemodelannya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menelaah unsur-unsur puisi. Peningkatan kemampuan terlihat dari rata-rata nilai yaitu 73,32 pada siklus I menggunakan puisi Doa karya Chairil Anwar. Pada siklus II menggunakan puisi Pahlawan Tak Dikenal karya Toto Sudarto Bachtiar dengan rata-rata nilai 80,22. Jadi penggunaan teknik Mind Mapping dan Pemodelannya meningkatkan kemampuan menelaah unsur-unsur puisi pada siswa kelas VIII D SMPN 30 Bandung.;--This research is motivated by the problem about the low ability of students in studying poetry elements in class VIII D SMPN 30 Bandung. Students can not understand what is implied in poetry according to the structure of poetry. The action chosen to overcome the problem is using Mind Mapping Technique and Modeling. The formulation of the problem in this research are: (1) how the learning planning to examine the elements of poetry using mind mapping technique and its modeling in class VIII D SMPN 30 Bandung ?; (2) how does the learning process examine the elements of poetry using mind mapping techniques and modeling in class VIII D SMPN 30 Bandung ?; and (3) how is the result of improving the ability to study poetry elements using mind mapping technique and its modeling on the students of class VIII D SMP Negeri 30? This study aims to have students ability to examine the elements of poetry in accordance with the physical structure and inner poetry so that students can understand the message implied in the poem. The research method used is classroom action research with qualitative approach. The research instruments used were tests, observation sheets, student journals, questionnaires, interview guides, and field notes. Data analysis is done by data categorization and data interpretation. The results showed that learning using Mind Mapping and Modeling techniques can improve students' ability in studying the elements of poetry. Increased ability seen from the average value of 73.32 in the first cycle using the poem Doa by Chairil Anwar. In the second cycle using the poetry Pahlawan Tak Dikenal by Toto SudartoBachtiar with an average value of 80.22. So the use of techniques Mind Mapping and Modeling improve the ability to examine the elements of poetry in students of class VIII D SMPN 30 Bandung.
Item Description:http://repository.upi.edu/36512/1/S_IND_1400613_Title.pdf
http://repository.upi.edu/36512/2/S_IND_1400613_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/36512/3/S_IND_1400613_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/36512/4/S_IND_1400613_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/36512/5/S_IND_1400613_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/36512/6/S_IND_1400613_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/36512/7/S_IND_1400613_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/36512/8/S_IND_1400613_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/36512/9/S_IND_1400613_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/36512/10/S_IND_1400613_Appendix.pdf