EVALUASI TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ABAD 21 DALAM KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA RUJUKAN PROVINSI DKI JAKARTA

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya informasi yang akurat terkait pelaksanaan pembelajaran abad 21 dalam Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas (SMA). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh informasi mengenai implementasi pembelajaran abad 21 dalam Kurikulum 2013 khususnya...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Yusuf Andrian, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/36553/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02785 am a22003013u 4500
001 repoupi_36553
042 |a dc 
100 1 0 |a Yusuf Andrian, -  |e author 
245 0 0 |a EVALUASI TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ABAD 21 DALAM KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA RUJUKAN PROVINSI DKI JAKARTA 
260 |c 2018-08-27. 
500 |a http://repository.upi.edu/36553/1/T_PK_1608381_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36553/2/T_PK_1608381_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36553/3/T_PK_1608381_Table_Of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36553/4/T_PK_1608381_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36553/5/T_PK_1608381_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36553/6/T_PK_1608381_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36553/7/T_PK_1608381_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36553/8/T_PK_1608381_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36553/9/T_PK_1608381_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/36553/10/T_PK_1608381_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya informasi yang akurat terkait pelaksanaan pembelajaran abad 21 dalam Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas (SMA). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh informasi mengenai implementasi pembelajaran abad 21 dalam Kurikulum 2013 khususnya pada mata pelajaran Fisika di SMA Rujukan Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Rumusan masalah dalam penelitian difokuskan pada empat sub variabel berdasarkan pedoman Standar Proses antara lain; (1) perencanaan pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajaran; (3) penilaian pembelajaran; dan (4) pengawasan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah dekriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data yaitu angket dengan menggunakan skala Likert skor 1 sampai 4. Responden yang dilibatkan dalam penelitian antara lain guru Mata Pelajaran Fisika, kepala sekolah dan peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan implementasi pembelajaran abad 21 dalam Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Fisika di SMA Rujukan Provinsi DKI Jakarta termasuk dalam kriteria baik. Rekomendasi yang dapat diberikan kepada guru Mata Pelajaran Fisika yaitu agar lebih meningkatkan penggunaan media yang bervariasi dalam pembelajaran, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan meningkatkan aktivitas-aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk berkomunikasi serta berkolaborasi. 
546 |a en 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
690 |a LB2361 Curriculum 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/36553/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/36553/